4 Hal Tentang Pargoy yang Viral di Tiktok

pargoy di tiktok
Goyangan pargoy viral di media sosial tiktok. Ini 4 hal tentang pargoy yang viral pada masanya. Apakah kamu masih ingat?

Dukref News – Bagi Anda yang sering membuka aplikasi TikTok, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah Pargoy. Banyak orang yang menyebut dan menggunakan istilah ini di TikTok, bahkan kini di media sosial yang lainnya. Sebenarnya apa arti kata pargoy di Tiktok? Bagaimana istilah ini bisa menjadi viral? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Penggunaan platform media sosial berbasis video yang bernama TikTok ini begitu digandrungi masyarakat khususnya kaum muda. Ini lantaran Tiktok banyak menyuguhkan video-video menarik dibarengi dengan background musik yang membuat candu di telinga. Banyak diantara warganet yang mengaku sampai kecanduan untuk melihat Tiktok.

Arti Kata Pargoy

Istilah pargoy telah menjadi viral beberapa bulan yang lalu. Banyak orang yang menggunakan istilah pargoy dalam video, komen, maupun caption di Tiktok.

Pargoy adalah sebuah singkatan dari Partai Goyang. Dalam bahasa daerah Sumatera Barat, partai artinya sekumpulan orang. Secara umum pargoy berarti kumpulan orang yang melakukan goyangan.

Asal Kata Pargoy

Dari manakah istilah pargoy ini berasal? Pargoy datang dari sebuah kumpulan atau komunitas yang memperlihatkan bakatnya dalam berjoget. Berawal dari sebuah komunitas di Sumatera Barat yang memperlihatkan joget tertentu dalam sebuah video di TikTok. Mereka menamakan joget tersebut dengan sebutan joget pargoy.

Tak disangka dari video sederhana mereka itulah muncul sebuah tren baru yang kemudian menjadi viral di TikTok. Semua orang bebas menggunakan istilah pargoy di media sosial lainnya asalkan sudah tahu apa artinya.

Gerakan Pargoy Viral

Apabila Anda baru menggunakan TikTok, tentu belum begitu familiar dengan kata pargoy. Anda bisa menyimak penjelasan ini. Gerakan pargoy terbagi menjadi dua, yaitu pargoy patah-patah dan pargoy petarung.

Orang yang melakukan gerakan pargoy harus menyesuaikan gerakannya dengan suara DJ yang mengiringinya. Contoh gerakan dan sound pargoy yang cukup viral ialah DJ Pargoy Parjamban. Bahkan sepenggal lirik dari sound DJ Pargoy Parjamban berisi kalimat yang menyindir warganet. Inilah sepenggal lirik yang dimaksud:

“Kemarin pada ngatain pargoy alay”

“Sekarang elo pada joget pargoy”

“Bodo amat, Pargoy boss!!”

Istilah Parjamban ini punya kaitan dengan kata pargoy. Seperti nama DJ viral yang sudah disebutkan tadi, DJ Pargoy Parjamban. Kata ‘Parjamban’ merupakan singkatan dari Para Jamet Berparas Tampan. Sesuai namanya, istilah ini digunakan untuk menyebut laki-laki yang memiliki wajah tampan tetapi suka melakukan sesuatu yang alay.

Pargoy Syndrome

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pargoy berkaitan dengan gerakan joget viral yang mendadak populer di TikTok. Beberapa waktu kemudian setelah viral joget pargoy, muncullah sebuah video berisi pengakuan seorang wanita mengalami sindrom TikTok.

Wanita itu mengaku mengalami kesulitan dalam mengontrol diri sendiri dan ketika berbicara kerap diiringi dengan menggerakkan anggota tubuh. Misalnya tangan, seolah-olah tengah menari ala joget pargoy TikTok. Tak lama kemudian, muncul lagi video seorang laki-laki yang mengalami hal serupa, mengklaim dirinya terkena penyakit Sindrom Pargoy.

Benarkah ada penyakit yang bernama Pargoy Syndrome? Ketika ditanyakan kepada ahli kesehatan, tak didapati adanya jenis penyakit Sindrom Pargoy. Orang-orang yang mengaku terkena Pargoy Syndrome mengatakan bahwa mereka tidak bisa mengendalikan gerakan anggota tubuhnya. Yaitu tangan, kaki dan badannya yang secara reflek selalu bergerak seolah sedang menari joget pargoy.

Sindrom pargoy ini ramai menjadi perbincangan netizen, kemudian muncul seseorang yang mengklaim bahwa video sindrom pargoy itu hanyalah sarkasme, atau lelucon belaka. Mereka sengaja membuat video tersebut untuk memperingatkan masyarakat akan bahaya sesuatu yang berlebihan, termasuk dalam berjoget yang tak bermanfaat.

Penutup

Setelah mengetahui apa arti kata pargoy di Tiktok, Anda bisa menggunakan istilah pargoy bila Anda membuat konten dengan joget tersebut. Setelah Anda mengerti artinya, akan lebih mudah bagi Anda bila ingin menggunakan istilah yang satu ini. Yang terpenting jangan sampai berlebihan dalam berjoget pargoy, apalagi sampai lupa waktu ketika menjelajahi TikTok.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.