8 Rekomendasi Aplikasi untuk Melacak Ponsel Hilang 

8 Rekomendasi Aplikasi untuk Melacak Ponsel Hilang
Ponsel kamu dicuri atau lupa menaruhnya. Kamu bisa melancak keberadaan ponselmu yang hilang dengan rekomendasi aplikasi ini. Wajib dicoba, ya.

8 Rekomendasi Aplikasi untuk Melacak Ponsel Hilang 

Di bawah ini merupakan beberapa aplikasi yang berguna untuk melacak ponsel yang hilang. Anda dapat menemukan perangkat yang hilang dengan mengakses lokasi keberadaan ponsel. Aplikasi-aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pemilik ponsel untuk melacak lokasi terkini dimana ponsel berada. Anda dapat menemukan dan mengunduh aplikasi ini di Playstore.

  • Google Find My Device

Jika diartikan ke Bahasa Indonesia, aplikasi ini berarti temukan perangkat saya. Aplikasi tersebut telah disediakan oleh Google dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play. Aplikasi Google Find My Device memungkinkan pengguna untuk mengunci ponsel yang hilang dari jarak jauh.

Anda bisa memanfaatkan fitur outdoor map apabila ponsel berada di ruangan terbuka. Jangan khawatir apabila ponsel yang hilang berada di ruangan tertutup. Sebab Anda bisa mengakses aplikasinya melalui fitur indoor map yang disediakan oleh Google Find My Device. Bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Simak tutorialnya berikut ini:

  • Hubungkan perangkat Anda ke Google dan lokasi.
  • Aktifkan fitur Find My device melalui browser
  • Login akun Google sesuai dengan smartphone yang hilang.
  • Setelah login, pilih opsi yang ingin Anda gunakan.
  • Jika hanya terselip, cukup aktifkan “bunyikan perangkat”.
  • Apabila ingin melacaknya, aktifkan fitur “lokasi”.
  • Maka letak handphone akan diketahui.

Keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah praktis dan tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun. Anda juga dapat mengirim pesan apabila handphone ditemukan oleh seseorang. Apabila ponsel benar-benar tidak ditemukan, demi keamanan Anda bisa menghapus semua data melalui fitur Find My Device.

  • Lost Phone Tracker

Anda bisa mengunduh aplikasi Lost Phone Tracker secara gratis di Google Play dari perangkat lain. Setelah proses download dan install selesai, Anda bisa mengakses aplikasi Lost Phone Tracker. Kemudian Anda menuju menu “track lost phone” yang berada pada left sidebar aplikasi tersebut

Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa melacak lokasi terkini di mana ponsel yang hilang berada. Selain itu, Anda juga bisa melakukan factory reset jarak jauh menggunakan perangkat lain. Ini bisa dilakukan asalkan selama aplikasi tersebut terhubung dengan ponsel yang hilang, guna melindungi privasi. 

  • Family Locator

Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi Family Locator. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mencari ponsel yang hilang secara paralel dengan mudah.

Pertama, masuklah ke aplikasi Family Locator. Pastikan sebelum menggunakan aplikasi ini Anda sudah melakukan registrasi terlebih dahulu. Masukkan kode grup Family Locator. Tidak hanya satu ponsel saja, Anda bisa mencari lokasi semua anggota keluarga dengan tepat.

  • Where’s My Droid

Sesuai namanya, aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk melacak perangkat Android Anda. Anda hanya perlu login saja dengan email lalu mencari dimana perangkat Android Anda.

Aplikasi ini cukup efektif untuk digunakan sebab akurasinya tinggi. Tidak hanya itu, tampilan aplikasinya juga sangat mudah untuk dipahami sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mencoba memahaminya.

  • Phone Tracker by Number

Berbeda dengan aplikasi lainnya yang melacak lokasi dengan alamat email. Phone Tracker by Number akan membantu Anda melacak ponsel menggunakan nomor telepon yang digunakan di dalamnya. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan perangkat yang hilang memiliki nomor telepon aktif yang sudah teregistrasi.

  • Find My Mobile

Bagi Anda yang menjadi pengguna smartphone Samsung bisa sedikit lebih tenang dalam melacak ponsel yang hilang. Sebab kini telah ada aplikasi bawaan yang bernama Find My Mobile.

Untuk melakukan pelacakan HP Samsung yang hilang, Anda bisa meminta kerabat atau saudara yang memiliki HP Samsung untuk membuka aplikasi Find My Mobile dan menyambungkannya dengan perangkat yang hilang. Cara yang harus dilakukan untuk melacak perangkat sangatlah mudah.

Anda harus menuju menu Settings, kemudian klik Biometrics and Security, pilih Find My Mobile. Lalu Anda bisa pilih opsi Send Last Location untuk mendapatkan update lokasi perangkat terkini. Gunakan juga fitur Unlock My Phone untuk membuka kunci ponsel yang hilang dari perangkat Samsung lainnya.

  • Android Device Manager

Android Device Manager merupakan sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu Anda dalam melakukan pelacakan terhadap smartphone yang hilang. Platform ini bekerja dengan mengandalkan fitur GPS sehingga kecepatannya sangat terjamin. Tak perlu khawatir karena penggunaannya sangatlah mudah dan praktis. Berikut cara melacak Android melalui platform ADM:

  • Unduh aplikasi Android Device Manager.
  • Buka dan jalankan aplikasi.
  • Lalu, login menggunakan email handphone yang hilang.
  • Setelah itu, akan muncul informasi mengenai handphone.
  • Kemudian, klik Lanjutkan atau Next.
  • Secara otomatis akan muncul lokasi keberadaan HP.
  • Find My iPhone

Apabila Anda pengguna perangkat iPhone, dapat menggunakan aplikasi Find My iPhone untuk menemukan lokasi dari iPhone yang hilang. Untuk langkah pertamanya yaitu dengan membuka aplikasi Find My iPhone lalu login dengan email yang sama dengan iPhone.

Jika sudah berhasil masuk, klik pada perangkat iPhone agar aplikasi dapat melacak lokasinya. Setelah proses pelacakan berhasil, maka lokasi iPhone tersebut akan terlihat di Maps.

Penutup

Itulah berbagai pilihan aplikasi yang dapat digunakan untuk menemukan kembali ponsel yang hilang. Dengan perkembangan teknologi yang canggih, cara melacak HP yang hilang pun sekarang menjadi lebih mudah. Hanya dengan menggunakan bantuan aplikasi, Anda sudah dapat menemukan lokasi HP yang hilang tersebut sekaligus juga dapat mengamankannya.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.