Beberapa Sisi Positif Dunia Pendidikan di Masa Pandemi

Beberapa Sisi Positif Dunia Pendidikan di Masa Pandemi
Di tengah pandemi yang terus maju, dunia pendidikan harus terus mendapat perhatian agar tidak menciptakan hal-hal yang buruk.

Dukref News – Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang sisi positif covid-19 dalam dunia pendidikan. Pandemi Covid-19 masih meresahkan dunia. Berbagai upaya terus dilakukan untuk segera memulai masa pandemi, juga agar pandemi tidak mencekik semua sektor kehidupan, termasuk pendidikan.

Di tengah pandemi yang terus maju, dunia pendidikan harus terus mendapat perhatian agar tidak menciptakan hal-hal yang buruk. Tentu kita tidak ingin pandemi Corona mengancam dunia pendidikan.

Read More

Berbicara tentang pendidikan adalah berbicara tentang ilmu pengetahuan. Dimana, sejak awal dunia, sains berperan besar dalam menciptakan penemuan-penemuan penting untuk kemaslahatan umat manusia.

Saat ini sangat sukses dalam teknologi dan sains, berada di “zaman kegelapan”, saat sains tidak dikenali dan ditutupi dengan bayangan. Kemudian datanglah era perkembangan ilmu pengetahuan yang mengantarkan dunia ke babak baru yang penuh dengan penemuan.

Pandemi Covid-19 juga telah mengantarkan dunia saat ini dalam satu era. Di tengah dan kegelisahan, ada tantangan yang harus diatasi. Tantangan ini sebenarnya dapat menciptakan peluang baru untuk mengatasi berbagai masalah.

Dilihat dari pandangan umum saat ini, pandemi Corona memang menimbulkan banyak ancaman bagi dunia pendidikan. Namun, kita bisa melihat dari sudut pandang yang berbeda sehingga ancaman dapat diubah menjadi peluang untuk memajukan dunia pendidikan di era panfdemi.

Pandemi Covid-19 yang dinilai banyak memberikan dampak negatif ternyata juga berdampak positif bagi dunia pendidikan. Dampak positif ini dapat memotivasi mereka untuk melewati masa-masa sulit demi mencapai tujuan pendidikan Indonesia yang lebih maju.

Apa Saja Sisi Positif Dunia Pendidikan di Masa Pandemi?

1. Memicu Percepatan Transformasi Pendidikan

Pandemi Covid-19 yang datang tanpa diundang membuat sekolah-sekolah diliburkan sebagai upaya untuk menghentikan pergerakan pandemi tersebut. Pasalnya, pemerintah telah menerapkan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

Sistem PJJ berbasis teknologi tentunya menuntut institusi pendidikan, guru, siswa bahkan orang tua untuk mahir secara teknologi. Hal ini memicu terhadap percepatan transformasi teknologi pendidikan di negeri ini. Hal ini berdampak positif karena pemanfaatan teknologi dalam pendidikan sejalan dengan era Revolusi Industri 4.0 yang terus maju.

2. Banyak Munculnya Aplikasi Belajar Online

Percepatan transformasi teknologi pendidikan akibat pandemi Corona membuat berbagai platform menemukan berbagai aplikasi pembelajaran online untuk mendukung PJJ.

Munculnya banyak aplikasi pembelajaran online membuat pembelajaran #DariRumahAja tetap memungkinkan untuk dilakukan secara efektif. Aplikasi pembelajaran online dikembangkan dengan menyediakan fitur-fitur yang memudahkan dalam melakukan pembelajaran online.

Salah satu aplikasi yang memiliki fitur keren, user interface yang ramah, teruji, dan handal adalah aplikasi eStudy. Aplikasi ini merupakan salah satu solusi PJJ yang sangat direkomendasikan untuk digunakan.

3. Banyak Kursus Online Gratis

Banyak lembaga bimbingan belajar menyediakan kursus online gratis atau beberapa menawarkan diskon.

4. Munculnya Kreativitas Tanpa Batas

Pandemi Corona memunculkan ide-ide baru. Ilmuwan, peneliti, dosen bahkan mahasiswa berusaha melakukan eksperimen untuk menemukan vaksin Covid-19.

Seperti yang dilakukan alumni UGM yang membantu mengatasi kelangkaan masker dengan membuat masker yang bisa digunakan kembali. Tak hanya itu, kreativitas lain yang tak kalah menarik, seperti mahasiswa Rumah Bahasa UI yang menjadi relawan Covid-19 dan membantu mengedukasi masyarakat.

5. Kolaborasi Orang Tua dan Guru

Di masa pandemi ini, para pelajar tentunya akan belajar di rumah dalam waktu yang lama. Dimana hal ini membutuhkan kerjasama yang inovatif antara orang tua dan guru agar siswa tetap dapat menjalani pembelajaran online dengan.

Selain itu, kolaborasi inovatif bisa mengatasi beberapa keluhan selama pembelajaran online. Hal ini akan berdampak positif bagi dunia pendidikan baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

6. Penerapan Ilmu di Tengah Keluarga

Saat semua sekolah diliburkan dan #BelajarDariRumah, menjadi kesempatan bagi siswa untuk menerapkan ilmu dalam keluarga. Baik sekedar membuka diskusi kecil atau dengan mengajarkan ilmu yang didapat kepada keluarga.

Hal ini berperan penting dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu ilmu dengan cara aplikasi langsung. Pengetahuan yang diterapkan secara langsung akan berpengaruh tidak hanya pada aplikasinya tetapi juga pada orang yang menerima aplikasi tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.