Buah Delima dan Segala Manfaatnya

manfaat buah delima
buah delima dapat diposisikan sebagai solusinya dalam pencegahan ataupun penyakit menular yang cepat sehingga segera diatasi.

Dukref News – Buah Delima dan Segala Manfaatnya – Seringan apa pun rasa sakit, pastilah tidak nyaman dirasa. Sebab kesehatan adalah kunci utama menjalani aktivitas keseharian. Terkadang ada upaya untuk tahap pencegahan, atau bisa pula terlanjur harus mengobati, dan buah delima dapat diposisikan sebagai solusinya.

Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m, berkulit keras dan kemerahan. Isinya berbiji-biji seperti kristal. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Sebagian masyarakat menganggap delima melambangkan kesuburan dan panjang usia. Misalnya buah delima menjadi simbol kesuburan bagi pernikahan masyarakat di Timur Tengah. Dalam Islam, buah delima merupakan salah satu buah yang terdapat di surga yang dikaruniakan oleh Allah kepada manusia untuk dinikmati dan sebagai penawar di atas dunia. Dari itu ilmu pengetahuan modern telah datang untuk mengungkapkan kepada kita tentang beberapa rahasia yang ada pada buah luar biasa ini dan menjelaskan kepada kita manfaat-manfaatnya.

Mengonsumsi delima, dengan kadar satu delima setiap hari selama sebulan misalnya, atau lebih akan bermanfaat untuk pengobatan anemia, arthritis (radang sendi) dan rematik, di samping manfaat-manfaat lain yang meluas ke jantung dan arteri, yang mana ia mengobati pengerasan pembuluh darah dan mencegah stroke dengan berbagai macam jenisnya. Selain itu, delima dapat melindungi seseorang dari penyakit kanker, dan ia adalah kebutuhan yang mendesak bagi balita, wanita menyusui, orang dewasa dan anak kecil. Mungkin dari sini kita mengetahui, kenapa Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan buah ini dalam kitab-Nya yang agung, Allah s.w.t berfirman dalam surah Al-Rahman ayat 68:

فِيْهِمَا فكِهَةٌ وَ نَحْلٌ وَرُمَّانٌ ( الرحمن : 68 )

Artinya: di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.

Berikut ini adalah manfaat buah delima untuk kesehatan yang harus anda ketahui. 

Sebagai Perawatan Gigi

Manfaat pertama dari buah ini adalah dapat menjaga kesehatan gigi anda. Sifat antibakteri dan antivirus yang akan membantu untuk mengurangi efek plak gigi dan melindungi terhadap berbagai penyakit mulut.

Mengatasi Gangguan Perut

Kupas buah delima dan gunakan untuk menenangkan gangguan lambung atau diare yang disebabkan oleh setiap jenis masalah pencernaan. Minum teh yang terbuat dari daun buah ini juga membantu dalam menyembuhkan masalah pencernaan. Jus buah delima juga digunakan untuk menangani masalah seperti disentri dan kolera.

Menghindari Anemia

Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan dalam tubuh dengan mengonsumsi buah ini dalam bentuk apapun. Persediaan delima untuk zat besi dalam darah, akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan, dan gangguan pendengaran.

Membantu Menyembuhkan Luka

Delima membantu dalam regenerasi sel-sel kulit di lapisan kulit epidermis dan dermis. Jus delima memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan minyak biji delima yang sarat dengan nutrisi, ramah akan kulit yang bermanfaat bagi penguatan dan regenerasi epidermis. Hal ini juga melindungi kulit dari sinar matahari dan menyembuhkan kerusakan yang disebabkan pada kulit akibat paparan sinar matahari yang terus-menerus.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah delima yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa antioksidan yang cukup tinggi dalam buah ini. Kandungan senyawa antioksidan inilah yang membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab munculnya penyakit dalam tubuh.

Menormalkan Siklus Haid

Ini dia manfaat buah delima untuk kesehatan wanita yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagi anda yang sering mengalami siklus bulanan tidak rutin, makan buah ini membantu anda untuk mengendalikan siklus anda agar bisa rutin kembali. Hal ini dikarenakan adanya berbagai kandungan mineral alami, mulai dari zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi.  Kandungan-kandungan mineral alami inilah yang dipercaya mampu menggantikan senyawa yang hilang saat Anda mengalami menstruasi.

Menurunkan Resiko Obesitas

Anda sedang menjalankan program diet? Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air rebusan daun delima secara rutin. sebab menurut Li Jun Du dari Tsinghua University di Jepang, manfaat daun delima bagi penurunan nafsu makan sangatlah besar. Sehingga hal tersebut tidak akan membuat Anda mengalami peningkatan berat badan (obesitas) karena nafsu makan yang berlebihan.

Mengobati Sariawan

Buah ini juga bermanfaat untuk mengatasi sariawan, caranya ambil dua buah delima segar yang sudah masak. Ambil isi berikut bijinya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu gelas air sambil diaduk merata, lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur, lalu telan. Lakukan 2–3 kali sehari, sampai sembuh.

Mengatasi Tenggorokan Kering dan Suara Serak

Buah ini juga bisa digunakan untuk mengatasi tenggorokan kering dan suara serak. Caranya ambil sebuah delima segar, belah, dan ambil isinya. Kunyah, lalu buang bijinya. Lakukan 2–3 kali sehari.

Mengobati Luka dan Radang Kulit

Manfaat buah delima yang terakhir dari kami adalah untuk mengobati luka dan radang pada kulit. Ekstrak buah delima sama dengan salep apapun untuk mengobati peradangan kulit. Hal ini karena delima mengandung polifenol, serta senyawa lain yang memiliki sifat anti inflamasi. Biji delima juga memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka akibat goresan. Mengonsumsi buah delima, serta menerapkan ekstrak atau minyak biji delima akan mempercepat penyembuhan kulit luka dan infeksi. Selain itu, luka yang diobati tidak meninggalkan bekas setelah sembuh.

Selain berbagai manfaat di atas, buah delima juga dapat menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker postat, mencegah osteoarthritis, anti penuaan, cocok untuk perawatan semua jenis kulit, mencerahkan warna kulit, meningkatkan tekstur kulit, mengobati cacingan, untuk tekanan darah tinggi, dan mencegah penyakit alzheimer.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.