Cara Menjadi Kutu Buku dan Penulis Profesional

cara menjadi kutu buku
Menjadi kutu buku tidaklah mudah. Lantaran membaca lebih membosankan dibanding menonton film. Begini cara membaca buku agar jadi penulis.

Dukref News – Malas Baca Buku, Lakukan 5 Cara Berikut Agar Kamu Bisa Jadi Kutu Buku!Membaca buku memanglah kegiatan yang membosankan sekaligus menjenuhkan. Apalagi di kalangan para pemuda, membaca buku kini tidak lagi menjadi prioritas melainkan minoritas sehingga tak aneh jika Indonesia tercatat sebagai negara yang minim baca.

Bahkan melihat dari kecamata dunia mengenai literasi, ternyata berdasarkan survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assement ( PISA) yang dirilis Organization for Economic Coperation and Development ( OECD) pada tahun 2019 mengatakan bahwa tingkat literasi Indonesia pada penelitian di 70 negara itu berada di nomor 62. Subhanallah… mendengarnya juga sangat miris bukan?

Padahal membaca buku itu penting lho! Tapi masih banyak orang di sekeliling kita yang masih malas untuk baca buku. Ada pepatah mengatakan, “Dengan membaca anda akan mengenal dunia dengan menulis dunia akan mengenal anda.” 

Hari gini masih malas baca buku? Hello apa kata dunia?  Kamu males baca buku karena sering ngantuk, lakukan 5 cara berikut agar kamu bisa menjadi kutu buku!

  1. Membaca Buku yang Kamu Suka

Ternyata membaca buku sesuai genre yang kamu sukai itu penting lho! Kenapa demikian, karena ketika kita membaca buku yang disukai pasti akan menyenangkan dan membuat ketagihan untuk terus menerus dibaca sampai selesai hingga  akhir. Akhirnya kamu pun terhibur deh, dan yang lebih hebatnya lagi rasa kantuk yang menyerangmu ketika membaca buku bisa hilang dengan sendirinya.

  1. Berawal dari Novel dan Komik

Untuk terus konsisten membaca buku, mungkin bagi sebagian pemula pasti sangatlah sulit sebab mereka belum terbiasa bersahabat dengan buku sehingga menjadi bosen, jenuh, ngantuk, dan malas untuk melanjutkannya lagi. Lalu apa yang harus kita lakukan agar kita bisa asyik berlama-lama dengan buku? Yaps, jawabannya gampang banget sahabat yaitu coba kamu baca buku dari bacaan yang ringan terlebih dahulu contohnya seperti novel, cerpen, komik, puisi, dan lain-lain. Kalau kamu sudah akrab sama buku barulah kamu naikkan tingkat membaca bukumu yang awalnya dari novel dan komik tadi ke level yang lebih tinggi seperti sejarah, politik, dan masih banyak lagi buku lainnya untuk bisa kita jadikan sebagai sumber referensi supaya wawasan kita lebih luas.

  1. Membaca Sambil Nyemil 

Agar kamu tidak jenuh dan ngantuk saat membaca buku, maka jangan lupa sebelum membaca siapkan terlebih dahulu cemilan yang kamu suka boleh itu makanan ringan atau pun minuman segar supaya kegiatan membaca buku kita lebih asyik dan tidak monoton.

  1. Cari Tempat Membaca Buku yang Nyaman

Ketika kita  membaca buku selain harus menyiapkan cemilan, kita juga harus mencari tempat membaca buku yang nyaman terlebih dahulu agar ketika kamu membaca buku itu bisa lebih fokus dan tenang. Tempatnya bisa di kamar, di taman sambil melihat pemandangan, atau pun di kafe sambil minum kopi supaya lebih nikmat dan rilex.

  1. Satu Hari Satu Lembar

Supaya kita tidak malas untuk membaca buku, maka buatlah target membaca satu hari satu lembar. Tips yang ke lima ini sangatlah cocok dan jitu untuk kamu yang sedang belajar menjadi kutu buku!  

  1. Konsisten 

Nah tips yang terakhir sekaligus yang paling penting agar kita bisa menjadi kutu buku yaitu dengan cara konsisten setiap hari membaca buku walaupun hanya sedikit. Percayalah konsisten adalah kunci terbaik untuk mencapai keberhasilan yang nyata.

Kamu masih malas baca buku, silahkan lakukan lima cara tadi semoga berhasil!

Ditulis oleh: Risnawati

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.