Cara Mengatasi Hp Ghost Touch

Hp Ghost Touch
Hp Ghost Touch

Cara Mengatasi Hp Ghost Touch – Cara mengatasi ghost touch di android yang paling mudah dan ampuh yang bisa kamu lakukan di rumah atau saat layar hp sering ngepress sendiri kemana-mana pasti bikin jengkel kan?. Ghost Touch adalah istilah pada handphone yang mengalami kerusakan pada layar dimana touchscreen anda bergerak sendiri.

Walaupun smartphone Anda menggunakan layar OLED, AMOLED, IPS atau TFT, Anda pasti akan mendapatkan ghost touch karena ghost touch tidak melihat jenis layar apa yang Anda gunakan. Apakah ghost touch bisa diatasi dengan mengganti layar? dalam banyak kasus yang mengalami ghost touch sering terjadi karena hardware.

Read More

Entah itu dari sambungan kabel fleksibel yang bisa renggang, terkena cipratan air atau tertutup kotoran, IC yang bisa rusak dan juga panel layar yang sudah rusak. Kalaupun dari segi software masalahnya karena update software yang tidak kompatibel pada smartphone kamu, dalam hal ini jarang sekali terjadi.

Untuk cara mengatasi Hp Ghost Touch di android, anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini yang bisa anda lakukan untuk mengatasi ghost touch di android berbagai merk seperti samsung, xiaomi, oppo, vivo, asus, pocophone, dll.

Cara Mengatasi Ghost Touch di Android Mudah dan Efektif

Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi ghost touch pada android dengan mudah, bagi anda yang mengalami masalah ghost touch di smartphone anda.

Menghentikan Penggunaan Saat HP Terasa Panas

Jika anda sering bermain game pada saat hp anda panas maka akan membuat smartphone anda mudah rusak, mulai dari baterai yang bisa membengkak, IC mesin yang mudah aus dan juga bisa mengakibatkan kerusakan pada layar smartphone anda. Jadi ketika Anda merasa smartphone Anda sudah mencapai batasnya atau panas, Anda harus menghentikan aktivitas bermain game Anda karena bisa menjadi penyebab kerusakan layar Anda.

Kamu bisa membatasi waktu saat bermain game dan juga penggunaan sehari-hari agar ghost touch tidak menyebar karena jika kamu paksakan nanti layar smartphone kamu akan blank dan tidak bisa kamu gunakan lagi.

Memastikan Pengisi Daya Digunakan dengan Benar

Anda tidak harus memiliki charger asli yang disertakan dengan pabrik smartphone Anda, tetapi Anda harus melihat daya input dan output charger sesuai dengan kebutuhan smartphone Anda. Karena jika daya output dan input pada charger Anda mengalami kelebihan arus listrik.

Maka akan menyebabkan layar smartphone Anda menerima beban arus listrik yang melebihi batas. Sehingga dapat menyebabkan piksel layar Anda mati atau error, maka Anda harus memperhatikan daya output dan input charger Anda sebelum mengisi daya smartphone Anda.

Pemeriksaan Kesehatan Layar Sentuh

Perlu anda ketahui bahwa masalah deadpixel atau deaspot bisa menjadi penyebab layar smartphone anda terkena ghost touch. Untuk cara mengatasi ghost touch di android anda bisa menggunakan aplikasi “Dead Pixels Test and Fix” dari developer ZookSoft.

Anda dapat mengetahui piksel apa yang rusak dari tes piksel mati dan aplikasi perbaikan. Juga Anda dapat memperbaiki piksel pada ponsel cerdas Anda dengan aplikasi ini. Namun, Anda membutuhkan waktu lama untuk mengoreksi piksel tersebut. Sehingga Anda dapat memeriksa beberapa piksel secara manual atau otomatis hingga Anda dapat menemukan titik matinya.

Periksa Kesehatan Baterai

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah baterai memengaruhi layar? jawabannya ya, karena baterai yang sudah tidak layak pakai tidak akan menyuplai daya sesuai kebutuhan layar. Akhirnya layar smartphone anda akan mengalami masalah dan bisa menimbulkan ghost touch.

Selain itu baterai juga akan membengkak sehingga akan menekan komponen lain pada smartphone anda seperti layar. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa kesehatan baterai Anda. Jika Anda merasa baterai Anda sudah tidak layak pakai, lebih baik Anda mengganti baterainya daripada merusak smartphone Anda lebih jauh.

Baca juga : Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Kalibrasi Layar Sentuh

Jika cara mengatasi ghost touch di android sebelumnya tidak berhasil, maka anda bisa melakukan kalibrasi layar pada smartphone anda. Untuk caranya sangat mudah, anda tinggal mendownload aplikasi “Touch Screen Calibration” yang dikembangkan oleh RedPi Apps. Setelah Anda mengunduhnya.

Anda dapat menjalankan aplikasi dan ada beberapa tahapan pengujian kalibrasi yang akan dilakukan. Jika pengetesan sudah selesai maka smartphone anda akan restart sendiri sehingga layar pada smartphone anda kembali normal. Jika nanti masih error, mungkin hal ini bisa terjadi karena hardware error pada smartphone anda.

Itulah ulasan tentang Cara Mengatasi Hp Ghost Touch, Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *