Cara Mengatasi Jerawat di Wajah Paling Ampuh

cara mengatasi jerawat di wajah
Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum berlebih atau minyak alami kulit, sel kulit mati, serta bakteri.

Dukref News– Meski jerawat bisa hilang dengan sendirinya, banyak orang yang ingin tahu cara mengatasi jerawat dengan cepat agar kulitnya bisa langsung terlihat bersih, apalagi di acara penting. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat dengan cepat, baik secara alami maupun dengan obat-obatan.

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum, baik pada pria maupun wanita. Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum berlebih atau minyak alami kulit, sel kulit mati, serta bakteri. Selain di area wajah, jerawat juga bisa muncul di beberapa area tubuh lainnya, seperti punggung, dada, dan bahu.

Jerawat biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari hingga beberapa minggu. Namun, jika Anda terganggu dengan munculnya jerawat di wajah atau tubuh Anda, Anda bisa melakukan cara mengatasi jerawat berikut ini dengan cepat:

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat?

1. Bersihkan wajah secara teratur

Bagian tubuh yang paling sering berjerawat ialah area wajah. Agar jerawat di wajah Anda cepat hilang, Anda bisa membersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari, terutama jika wajah Anda banyak berkeringat atau terlalu berminyak.

Hindari terlalu sering mencuci muka karena dapat membuat kulit wajah semakin kering dan iritasi. Kondisi ini bisa memicu munculnya jerawat baru bahkan membuat jerawat bertahan lebih lama.

2. Menggunakan obat jerawat

Salah satu cara mengatasi jerawat dengan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan obat jerawat yang dijual bebas. Obat jerawat ini tersedia dalam bentuk salep, krim, atau gel yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dan asam azaleat.

Jika obat-obatan ini tidak berhasil mengatasi jerawat Anda, cobalah berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran tentang pengobatan yang tepat. Terkadang dokter Anda mungkin meresepkan obat seperti tretinoin, antibiotik, atau pil KB untuk mengatasi jerawat yang muncul di kulit Anda dengan cepat.

3. Menggunakan bahan-bahan alami

Anda dapat mengatasi jerawat dengan bahan alami dengan menggunakan minyak esensial yang terbuat dari minyak pohon teh, daun thyme, kayu manis, mawar, atau lavender. Minyak atsiri ini mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dengan cepat.

Selain minyak atsiri, bahan alami lainnya, seperti ekstrak teh hijau, madu, dan lidah buaya, juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dengan cepat. Cara mengatasi jerawat menggunakan minyak esensial atau bahan alami cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak atau bahan tersebut ke area yang rawan jerawat 1-2 kali sehari.

Jika muncul reaksi iritasi pada kulit atau jerawat semakin parah setelah Anda menggunakan bahan-bahan di atas, segera hentikan penggunaan bahan-bahan tersebut dan periksakan kulit Anda ke dokter kulit.

4. Menjalani prosedur perawatan kulit

Jika jerawat yang muncul tidak juga mereda, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk prosedur perawatan kulit agar terbebas dari jerawat. Untuk mengobati jerawat di kulit dengan cepat, dokter bisa melakukan beberapa prosedur, seperti terapi laser, chemical peeling, atau pemberian suntikan jerawat.

5. Mengurangi stres

Stres adalah penyebab jerawat. Stres menyebabkan kadar hormon androgen meningkat. Hormon ini dapat merangsang folikel rambut dan kelenjar minyak di pori-pori, sehingga meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Mengurangi stres adalah salah satu cara mengatasi jerawat secara alami. Ada beberapa cara untuk mengelola stres, antara lain:

  • Cukup tidur
  • Makan makanan sehat dengan gizi seimbang
  • Berolahraga secara teratur
  • Membatasi konsumsi alkohol dan kafein
  • Berlatih pernapasan dalam, yoga atau meditasi

Mencegah Jerawat Muncul Kembali

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa menerapkan tips berikut untuk mengatasi dan mencegah jerawat muncul kembali di kulit Anda:

  • Hindari memencet jerawat karena bisa membuat jerawat semakin parah dan menimbulkan bekas.
  • Gunakan pelembab wajah atau make-up berlabel ‘noncomedogenic’.
  • Hindari menyentuh wajah atau bagian tubuh lain yang berjerawat untuk mencegah terjadinya infeksi.
  • Ganti serta cuci sprei, sarung bantal, dan selimut secara teratur.
  • Berolahraga secara teratur dan kelola stres dengan baik untuk mendukung kesehatan kulit agar tidak mudah berjerawat.
  • Hindari mengonsumsi makanan penyebab jerawat, seperti makanan berminyak, makanan dan minuman manis, dan produk susu

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.