Cara Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba Hilang

Sinyal Tiba-Tiba Hilang
Sinyal Tiba-Tiba Hilang

Cara Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba Hilang – Sering menghadapi masalah hilangnya sinyal pada smartphone Android, bisa membuat Anda jengkel dan marah. Hal ini terkadang terjadi tanpa alasan yang jelas. Hilangnya sinyal ini juga semakin mengganggu ketika jaringan internet juga mengikuti sinyal ini, menghilang secara tiba-tiba. Sebenarnya ada banyak hal yang mengakibatkan hilangnya sinyal 4G secara tiba-tiba.

Antara lain kondisi cuaca yang tiba-tiba berubah, kondisi daerah yang sinyalnya tidak stabil, seringnya pergantian bilangan prima, bisa juga karena saat itu banyak yang menggunakan jaringan 4G dari kartu yang sama. Bagi Anda yang sering mengalami Sinyal Tiba-Tiba Hilang, selalu EDGE atau H+, padahal kartu SIM yang digunakan sudah 4G, maka Anda perlu melakukan cara berikut ini.

Read More

Cara Mengatasi Jaringan 4G Di Android Sering Hilang

Karena sinyal 4G yang sering hilang ini, Anda perlu mengetahui cara mengatasi sinyal 4G yang tiba-tiba hilang ini dengan menjaga kestabilannya. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinyal 4G yang hilang ini.

Aktifkan Mode Pesawat

Untuk mengatasi sinyal 4G yang tiba-tiba hilang, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengaktifkan mode pesawat di smartphone Anda. Tunggu beberapa saat sebelum Anda menonaktifkannya lagi. Hal ini dilakukan agar ponsel Anda mengatur ulang jaringan yang ada. Hal ini biasanya dilakukan agar sinyal yang tiba-tiba hilang tadi bisa kembali lagi.

 

Periksa kartu SIM

Saat sinyal 4G tiba-tiba hilang, Anda bisa mengecek kartu SIM. Bisa jadi ada perubahan posisi yang terjadi akibat seringnya Anda mengganti kartu SIM. Namun, sebelum Anda mengeluarkan kartu SIM, ada baiknya Anda menonaktifkan smartphone terlebih dahulu.

Ubah mode jaringan

Terkadang ketidakstabilan sinyal terjadi karena alasan yang tidak diketahui. Sinyal bisa saja timbul dan tenggelam dalam beberapa saat. Kami menyarankan dalam situasi ini, ada baiknya mengubah mode jaringan agar dapat diterima oleh semua mode jaringan seperti 4G/LTE, 3G/H+, 2G, CDMA. Sehingga ketika sinyal 4G hilang, masih bisa dicover oleh mode jaringan lain.

Pergeseran posisi

Biasanya untuk area tertentu terdapat kondisi dimana sinyal 4G sangat lemah atau tidak terjangkau. Walaupun masih dalam 1 lokasi. Namun, ketika Anda pindah ke tempat yang tidak jauh dari tempat Anda kehilangan sinyal, kemungkinan tempat Anda pindah akan mendapatkan sinyal.

Pasang kembali kartu

Ada kemungkinan hilangnya sinyal bukan karena kesalahan ponsel Anda atau kondisi cuaca, tetapi karena operator kartu Anda sedang mengalami masalah. Coba manggantikan kartu Anda dengan kartu SIM dari operator lain. Siapa tahu masalah sinyal hilang ini bisa teratasi dan pakai kartu lain lebih lancar

Reset Pabrik

Setelah 5 tips diatas tidak berhasil, ada kemungkinan smartphone anda kembali terinfeksi virus. Virus ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satu yang paling parah biasanya diakibat oleg penggunaan aplikasi pihak ketiga. Virus ini dapat berdampak besar pada gangguan penggunaan ponsel Anda. Segera lakukan factory reset agar smartphone Anda kembali seperti baru dibeli.

Ganti Perangkat Keras yang rusak

Jika factory reset masih belum bisa memperbaiki sinyal 4G yang hilang, coba cek hardware smartphone kamu, mungkin ada masalah. Segera bawa smartphone Anda ke tempat service untuk mengganti hardware tersebut agar Anda dapat mengatasi masalah yang terjadi.

Nonaktifkan Data Seluler untuk sementara

Ada cara lain untuk mengatasi sinyal HP yangtiba tiba hilang, salah satunya adalah dengan cara menonaktifkan data untuk sementara. Cara mengatasi sinyal hp yang hilang bisa dilakukan dengan menonaktifkan sementara data seluler untuk mengembalikan jaringan kembali. Setelah itu Anda bisa mengaktifkan kembali data seluler untuk mencari jaringan atau sinyal baru.

Baca juga : Potensi Pasar Bisnis Digital Di Tahun 2023

Minta Bantuan Operator Seluler

Langkah selanjutnya yang bisa Anda coba adalah meminta bantuan operator seluler. Di mana Anda dapat menghubungi layanan pelanggan untuk memperbaiki sinyal yang hilang. Sehingga memudahkan anda untuk mengetahui penyebab hilangnya sinyal pada handphone anda melalui customer service provider yang anda gunakan.

Itulah beberapa Cara Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba hilang. Semoga dapat membantu anda mengetahui langkah-langkah cara memperbaiki sinyal hp yang hilang.

Itulah ulasan tentang Cara Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba hilang, Semoga Bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *