Cara Menghilangkan Malware di PC dan Laptop

Cara Menghilangkan Malware di PC dan Laptop
Anda harus tenang terlebih dahulu karena masalah akan teratasi setelah Anda menerapkan langkah-langkah ampuh untuk menghilangkan malware. 

Dukref News – Apakah komputer atau laptop Anda terinfeksi malware dan sedang mencari cara untuk menghilangkan malware di dalamnya? Sebelum menghapus malware, Anda harus tenang terlebih dahulu karena masalah akan teratasi setelah Anda menerapkan langkah-langkah ampuh untuk menghilangkan malware. 

Pada artikel ini kami akan memeberikan tips menghilangkan malware yang ampuh.

Bagaimana Cara Menghapus Malware di PC dan Laptop?

Langsung saja. Tanpa basa-basi. Pada bagian ini kami akan menjawab cara menghilangkan malware yang ampuh, yaitu:

1. Pastikan Anda memiliki cadangan

Pertama dan terpenting pastikan Anda memiliki cadangan. Selalu sediakan cadangan data komputer atau laptop Anda di hard drive eksternal atau cloud. Sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti serangan malware, data Anda tetap aman.

2. Putuskan Koneksi Internet

Setelah itu, jika komputer atau laptop Anda terhubung ke internet, segera putuskan koneksi internet saat Anda curiga ada malware yang menyerang. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengiriman data dari komputer Anda ke pihak lain menggunakan internet. Selain itu, koneksi internet biasanya merupakan titik masuk malware.

3. Jalankan Mode Aman

Safe Mode adalah opsi menjalankan Windows yang digunakan untuk memperbaiki kerusakan perangkat, jika terjadi selama serangan malware. Untuk masuk ke Safe Mode, yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Nyalakan kembali komputer atau laptop Anda
  • Tekan F8 pada keyboard. 
  • Muncul pilihan Safe Mode (tanpa jaringan internet), Safe Mode with Networking (dengan jaringan internet), dan Safe Mode with Command Prompt. 
  • Pilih Mode Aman.

4. Hapus File Sementara

Sebelum melakukan pemindaian menyeluruh, yang perlu Anda lakukan hanyalah menghapus file-file sementara di perangkat Anda. Ini perlu dilakukan untuk mempercepat proses pemindaian, meringankan ruang disk, dan menghapus beberapa file malware.

Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda bisa memulai menghapus file-file sementara dengan fitur Disk Cleanup. Ketik Disk Cleanup dalam pencarian. Setelah itus  pilih drive mana yang ingin Anda bersihkan.

5. Pindai Perangkat Menggunakan Anti Malware

Jika Anda sudah menginstal software anti virus atau anti malware di komputeratau laptop Anda, segera scan perangkat tersebut secara keseluruhan. Proses pemindaian biasanya akan memakan waktu 15 menit atau satu jam. Anda hanya perlu menunggu hingga proses pemindaian selesai dan software antimalware akan secara otomatis menghapus malware yang ada di pc atau laptop anda tersebut.

6. Gunakan Windows Defender

Tidak semua pemilik komputer atau laptop menginstal perangkat lunak anti melwer di perangkat mereka. Jika Anda salah satunya, jangan khawatir. Karena Windows sudah menyediakan software antimalware bawaan yaitu Windows Defender.

Untuk membuka Windows Defender, klik Settings > Update and Security > Windows Defender. Anda juga dapat langsung mengetik Windows Defender dakam pencarian. Kemudian pilih Open Windows Defender Security Center > Virus and Threat Protection > Advanced Scan.

7. Hapus Program Tidak Dikenal

Setelah proses pemindaian dan penghapusan malware selesai, sekarang saatnya untuk menghapus perangkat lunak atau program di perangkat Anda. Lihat daftar program atau perangkat lunak yang diinstal pada perangkat Anda dan periksa apakah ada program yang tidak Anda kenal.

Untuk memeriksa, buka File Explorer dan klik This PC > Computer > Uninstall or change a program. Anda juga dapat membukanya melalui Pengaturan Windows kemudian cari  Aplikasi. Periksa satu per satu program pada daftar. Jika ada program yang tidak Anda kenali, segera uninstall.

8. Setel ulang browser

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, malware sering kali bersumber dari unduhan browser. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghilangkan malware juga terkait dengan browser.

Hususnya di bagian ini, Anda akan mengetahui bagaiman cara menghapus malware di browser Anda. 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus malware di geogle Chrome:

  • Buka aplikasi Chrome.
  • Klik Pengaturan.
  • Gulir halaman ke bawah.
  • Klik Lanjutan.
  • Kemudian cari bagian Reset and clean up.
  • Klik Bersihkan komputer.
  • Klik tombol Temukan.
  • Tunggu untuk mendeteksi perangkat lunak berbahaya.
  • Jika perangkat lunak berbahaya, klik Hapus untuk menghapusnya. Anda mungkin juga ingin me-restart komputer atau laptop yang Anda gunakan.
  • Jika Anda tidak yakin malware hilang, Anda juga dapat mengatur ulang browser kembali ke pengaturan default. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.