Dampak Negatif Terlalu Banyak Minum Kopi

dampak negatif terlalu banyak minum kopi
Kopi minuman sejuta umat. Semua orang menyukai minuman ini. Akan tetapi bilamana minum kopi terlalu banyak akan membahayakan bagi kesehatanmu

Dukref News – Dampak Negatif Terlalu Banyak Minum KopiKopi menjadi salah satu minuman yang banyak digemari oleh para remaja hingga orang dewasa. Variasi kopi yang kian popular dan kafe-kafe yang kini banyak tersebar menjadikan kopi menjadi minuman yang paling popular di kalangan anak mudah bahkan orang dewasa. 

Umumnya para masyarakat minum kopi untuk menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan konsentrasi. Apalagi untuk para pelajar dan pekerja yang memiliki tugas atau pekerjaan yang menumpuk, seringkali kopi dijadikan salah satu solusi untuk menghilangan rasa kantuk itu.

Kopi memiliki manfaat baik untuk tubuh seperti karena bijih kopi mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit seperti penyakit Parkinson, masalah pada liver, dan demensia. Namun, ada baiknya untuk mengkonsumsi kopi dua gelas per hari saja,  tidak lebih.

Konsumsi kopi yang lebih dari dua gelas per hari akan menimbulkan efek buruk bagi tubuh.  Lalu apa saja efek buruk terlalu banyak minum kopi bagi tubuh?

Simak artikel berikut!

Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

  • Menyebabkan masalah pencernaan

Gangguan pencernaan menjadi salah satu efek buruk dari minum kopi terlalu banyak. Jika dikonsumsi dalam jumlah melebihi batas maksimal dua gelas perhari, kopi bisa mendatangkan gangguan pencernaan seperti diare, meningkatkan asam lambung, menimbulkan iritasi pada usus, dan penyakit GERD.

Untuk kamu yang memiliki lambung sensitive sebaiknya berhati-hati dalam konsumsi kopi, harus perhatikan dampak buruk sesudahnya. Sebelum minum kopi ada baiknya kamu isi dulu perut dengan makanan, jangan minum kopi saat perut kosong karena akan memperparah luka atau menimbulkan masalah lambung.

  • Megganggu kualitas tidur

Kualitas tidur yang terganggu atau insomnia dapat terjadi apabila minum kopi dalam jumlah banyak. Kafein yang ada dalam kopi bisa membuat kamu terjaga semalaman menghilangkan rasa kantuk. 

Kopi memang menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan konsentrasi saat pekerjaan menumpuk. Namun, konsumsi kopi yang berlebih bukanlah menjadi salah satu solusi, tetapi bisa mendatangkan bahaya serius bagi tubuh. Kualitas tidur kamu akan terganggu sehingga kamu akan terjaga semalaman dan kejadian ini aka terus berulang membuat tubuh rentan stress dan menurunnya daya tahan tubuh.

  • Menyebabkan masalah pada gigi dan gusi

Selain menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh, kopi yang dikonsumsi dalam jumlah banyak juga bisa menimbulkan masalah pada gigi dan gusi. Kopi bisa membuat gigi menjadi lebih kuning. Selain itu, kopi biasanya mengandung bahan tambahan seperti gula, susu, cokelat, dan krim yang membuat gigi rentan mengalami kerusakaan pada permukaan gigi dan rentan gigi berlubang.

  • Mengganggu kesehatan tulang

Bahaya kopi selanjutnya yang tidak baik untuk tubuh adalah megganggu kesehatan tulang. Kopi yang dikonsumsi dalam jumlah banyak akan masuk ke dalam tubuh dan membuatnya perlahan mengikis kalsium dalam tubuh lalu mengeluarkannya dalam urine. Hal ini dapat menyebabkan osteoporosis dan fungsi tulang bisa melemah.

Bagi penderita osteoporosis lebih baik diperhatikan kembali asupan kopi dalam jumlah batas maksimal. Untuk memperbaiki kesehatan tulang setelah minum kopi dalam jumlah banyak, bisa diimbangi dengan konsumsi suplemen yang mengandung kalsium dan selalu konsumsi makanan sehat setiap harinya.

  • Meninggalkan rasa cemas

Kopi yang dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat menimbulkan perasaan cemas dan gelisah secara terus-menerus karena di dalam kopi terdapat senyawa yang bisa meningkatkan dan membuat tubuh memberikan respon seperti kamu mengalami ketakutan. Perasaan gelisah dan cemas ini bisa bertambah buruk apabila terus-menerus konsumsi kopi melebih batasnya.

  • Membuat denyut jantung berpacu cepat

Bahaya selanjutnya yang ditimbulkan akibat konsumsi kopi berlebih adalah denyut jantung berdetak dengan cepat. Kopi yang dikonsumsi dalam jumlah banyak meninggalkan efek buruk denyut jantung berdetak lebih cepat dan irama detak jantung jadi berubah atau bisa disebut juga dengan fibrilasi atrium.

Sebaiknya pertimbangkan kembali untuk konsumsi kopi melebihi batas wajar karena bisa berakibat bahaya bagi tubuh.

  • Meningkatkan tekanan darah tinggi

Untuk kamu yang memiliki hipertensi harus sangat berhati-hati dalam minum kopi. Pasalnya minum kopi yang berlebih dapat meningkatkan tekanan darah tinggi karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat memblokir hormon-hormon yang membuat pembuluh darah melebar sehingga hal ini lah yang membuat tekanan darah tinggi menjadi meningkat.

Sekian beberapa dampak buruk atau bahaya apabila mengkonsumsi kopi dalam jumlah berlebih. Minum kopi tidak menimbulkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah maksimal dua gelas perhari.

Dan untuk kamu yang sudah mengkonsumsi kopi dalam jumlah maksimal, perlu diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi serta rutin olahraga agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan meningkat.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.