Elemen Elemen Penting Dalam Dunia Fotografi

Elemen Elemen Penting Dalam Dunia Fotografi
Elemen elemen penting dalam dunia fotografi yang wajib kamu ketahui. Dari tekstur, garis, warna, shape hingga pattern untuk dipelajari.

Dukref News – Untuk membuat suatu karya foto yang indah memang diperlukan alat yang mendukung. Namun foto yang dihasilkan tidak akan maksimal jika sang fotografer tak memperhatikan elemen-elemen penting dalam ilmu fotografi. Lalu sebenernya elemen apa ajasi yang harus diperhatikan? Yuk simak penjelasan berikut ini

1. Tekstur

Dalam fotografi, tekstur berfungsi untuk membantu memberikan daya tarik pada foto yang dihasilkan. Tekstur sendiri adalah tatanan yang akan memberikan kesan tampak halus, kasar, tajam, lembut, beraturan, dan tidak beraturan pada suatu permukaan benda.

Read More

2. Garis

Garis merupakan salah satu elemen yang penting dalam fotografi, tanpa ada garis, maka gambar tidak ada bentuk dan wujudnya. Elemen garis dalam fotografi mampu memberikan kesan kedalaman dan gerak pada objek foto. Dalam mengambil sebuah foto, seorang fotografer haruslah memperhatikan keberadaan garis, karena keberadaan garis ini akan membantu menaikan mood para penikmat foto. Dalam fotografi elemen garis terbagi menjadi 4 yaitu garis diagonal, vertikal, horizontal, kurva (lengkung)

3. Warna

Untuk membuat hasil foto terkesan dinamis dan elegan, maka komposisi warna pada foto harus diperhatikan. Dengan komposisi warna yang sempurna, tentu foto-foto yang dihasilkan akan terlihat indah dan nyaman dipandang mata. Sebaliknya jika komposisi warna berantakan, maka foto yang dihasilkanpun akan hancur.

4. Shape

Shape adalah bentuk yang dihasilkan dari penggabungan beberapa garis. Dalam fotografi, biasanya shape digunakan untuk membantu memberikan penekanan secara visual terhadap objek foto.

5. Pattern

Dalam fotografi pattern adalah perulangan bentuk, warna, garis, benda ataupun objek. Pattern atau pola ini sendiri dapat kita jumpai dimana-mana, contohnya gedung, dedaunan, bunga-bunga, dan lainnya. Untuk mendapatkan hasil foto dengan pola yang bagus, seorang fotografer harus benar-benar memperhatikan sekitarnya, karena dengan begitu pola-pola yang bagus akan lebih mudah terdekteksi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.