Fitur Instagram Untuk Memasarkan Produk

fitur instagram
Bagi kamu pemilik bisnis atau mau branding diri sendiri. Kamu bisa pakai fitur instagram ini untuk memasarkan produk atau jasamu.

Dukref News – Inilah Deretan Fitur Instagram Yang Menarik Untuk Memasarkan Produk – Media sosial menjadi salah satu media yang paling tepat untuk kamu coba melakukan promosi agar produk dari brand milikmu semakin dikenal oleh masyarakat. Pada saat ini media sosial kian digandrungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia, mereka banyak menghabiskan waktunya untuk mencari informasi, melihat hiburan, atau memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk melakukan promosi.

Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram, pengguna Instagram sudah tersebar luas di berbagai dunia. Instagram selain menjadi wadah untuk mendapatkan informasi dan hiburan, bisa pula dimanfaatkan untuk melakukan promosi karena para pelaku bisnis saat ini sudah mulai menggeser promosi online mereka di media sosial seperti Instagram.

Masyarakat yang menggunakan Instagram juga tersebar luas dari berbagai penjuru dunia, hal ini sangat memungkinkan produkmu dikenal sampai ke mancanegara. Asalkan kamu paham tips dan trik apa saja yang dapat dicoba untuk meningkatkan promosi di Instagram. 

Nah, Instagram menyediakan fitur menarik yang dapat kamu manfaatkan untuk melakukan promosi produk kamu. Dan fitur yang tersedia dapat kamu gunakan secara gratis, tidak perlu mengeluarkan biaya sehingga kamu dapat melakukan promosi di Instagram dalam jangka waktu yang tidak terhingga.

Selain itu, Instagram juga mendukung para pelaku bisnis dengan menyediakan akun bisnis bagi para pembisnis agar bisnis mereka menarik banyak calon pelanggan untuk membeli produk. Dengan memanfaatkan fitur yang ada, kamu bisa memasarkan produk tanpa harus keluar biaya. 

Ingin tahu fitur apa saja yang disediakan Instagram? Simak jawabannya dibawah ini!

7 Fitur Instagram Untuk Memasarkan Produk

  • Instagram Feeds

Pertama adalah Instagram feeds, mungkin fitur yang satu ini sudah umum diketahui oleh masyarakat karena fitur ini digunakan untuk memposting konten-konten dalam bentuk foto atau video. Nah, kamu bisa gunakan fitur ini untuk membuat dan memposting konten produk kamu dengan menarik serta memuat informasi yang jelas agar calon pelanggan bisa mengetahui apa produk yang kamu tawarkan serta apa manfaat dari produk kamu.

  • Instagram Story/Instastory

Instragram story/instastory menjadi fitur kedua yang paling banyak digunakan oleh masyarakat bahkan para pembisnis karena sangat mudah untuk menggunakannya serta kamu dapat memposting foto atau video singkat melalui instastory. Selain itu kamu bisa menambahkan stiker atau emoji yang tersedia agar konten instastory promosi produk semakin menarik. 

Selain itu, tersedia juga banyak fitur di instastory seperti fitur QnA yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan, fitur polling yang dapat digunakan untuk melakukan survey terkait produk dengan calon pelanggan, dan fitur share link yang kamu bisa coba mencantumkan akun bisnis kamu di marketplace. Fitur-fitur ini sangat berpengaruh untuk menampilkan dan meningkatkan penjualan produk.

  • Instagram Live

Membangun interaksi dengan calon pelanggan sangat penting karena kamu bisa menarik perhatian pelanggan apabila aktif untuk berinteraksi dengan mereka. Kamu bisa bangun interaksi melalui instagram live, dimana kamu akan siaran langsung bertemu dan berbincang bersama calon pelanggan untuk membahas seputar produk yang kamu tawarkan.

  • Instagram Reels

Kini Instagram menyediakan fitur reels untuk memposting video yang lebih mudah untuk dilihat oleh masyarakat dari seluruh wilayah di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Fitur ini sangat menarik untuk dicoba karena insta reels menyediakan banyak filter atau lagu yang bisa kamu manfaatkan untuk konten promosi produk.

  • Insight

Instagram menyediakan akun bisnis untuk para pembisnis dapat melakukan promosi, kamu akan menemukan fitur insight apabila sudah menggunakan akun bisnis. Fitur ini bermanfaat untuk melihat dan mengamati kapasitas dari performa akun bisnis kamu setiap harinya.

Kamu bisa melihat dan menganalisa berapa banyak masyarakat yang melihat akun bisnis serta meninggalkan Tindakan seperti menyukai atau memberi komen pada postingan yang kamu unggah. Tidak hanya itu, melalui fitur ini kamu dapat melihat gender, usia, dan kota dari masyarakat yang mengunjungi akun bisnis sehingga hal ini dapat gunakan sebagai bahan analisa untuk kedepannya mengembangkan, memperbaiki apa saja kekurangan bisnis, serta melihat strategi pemasaran apa yang cocok untuk digunakan.

  • Highlights

Apabila fitur instastory hanya menyediakan konten selama 24 jam untuk dilihat, maka kamu bisa menggunakan fitur highlights untuk menambahkan konten-konten instastory kamu agar bisa dilihat oleh calon pelanggan yang mengunjungi akun bisnis kapan pun. Dengan menambahkan konten instastory di highlights maka konten tersebut tidak akan hilang oleh waktu.

  • Instagram Shop

Fitur ini memudahkan kamu untuk memasarkan produk, fitur Instagram shop memungkinkan kamu untuk memposting foto produk dan kamu bisa menambahkan tag serta harga produk. Tag produk ini berguna agar saat tag di klik calon pelanggan akan dialihkan langsung ke website atau atau akun bisnis kamu di marketplace lain.

Kamu harus pastikan bahwa akun yang gunakan sudah akun bisnis, dalam akun bisnis tersedia pilihan shopping/belanja pada menu pengaturan, kamu bisa menghubungkan akun bisnis kamu ke katalog untuk selanjutnya kamu akan melihat pilihan untuk tag produk saat akan memposting foto produk di fitur Instagram shop ini.

Fitur-fitur ini akan sangat berguna apabila kamu lakukan dengan segera, memasarkan produk menjadi lebih mudah dan menarik perhatian calon pelanggan dengan fitur yang disediakan oleh Instagram. 

Buat promosi produk kamu dengan menarik dan unik sehingga masyarakat dapat mengenali akun bisnis kamu.

Selamat mencoba!

Semoga artikel ini membantu kamu!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.