Manfaat Berjemur di Pagi Hari Untuk Kesehatan

berjemur di pagi hari
Berjemur di pagi hari bukan untuk menghitamkan kulit. Akan tetapi berjemur di pagi hari sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit tubuh.

Dukref News – Baik Untuk Kesehatan, Ini Dia Manfaat Berjemur di Pagi Hari – Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk memperoleh kesehaan tubuh seperti konsumsi makanan sehat dan bergizi, olahraga, menjaga asupan gizi makanan, berjemur di pagi hari, dan masih banyak lagi.

Salah satu upaya atau cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berjemur di pagi hari. Perlu kamu ketahui bahwa berjemur di pagi hari sangat baik untuk tubuh menghasilkan vitamin D yang baik untuk tulang. Vitamin D diperkaya akan antioksidan yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh.

Namun, tidak hanya berjemur di pagi hari saja, harus diimbangi pula dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Menjaga asupan makanan yang masuk juga sama pentingnya untuk diperhatikan.

Tidak boleh asal sembarangan saja berjemur di pagi hari, perlu diperhatikan paparan sinar matahari pagi yang tepat dan tergantung pada usia, jenis kulit, riwayat penyakit, dan kualitas udara serta lingkungan tempat tersebut. Tidak lupa juga untuk menggunakan tabir surya, topi, dan kacamata untuk menjaga area yang tidak boleh terkena sinar paparan matahari langsung.

Waktu yang tepat untuk berjemur di pagi hari adalah pukul 8.00 – 10.00 pagi atau pukul 15.00 – 16.00 sore untuk mendapat sinar UVB matahari yang tepat menghasilkan vitamin D. Durasi berjemur di pagi atau sore hari bisa dilakukan selama 5-10 untuk yang memiliki kulit terang dan 10-15 menit untuk kulit sawo matang.

Harus paham waktu yang tepat dan durasi berjemur agar hasilnya baik, jika diabaikan maka akan menimbulkan dampak negative bagi tubuh seperti kulit terbakar hingga risiko kanker.

Meski begitu, apabila dilakukan dengan tepat dan mempersiapkan hal yang perlu dipersiapkan sebelum berjemur tidak perlu takut dengan munculnya dampak negatif. Masih banyak lagi manfaat baik berjemur di pagi hari sebagai berikut:

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin D yang didapatkan dengan berjemur di pagi hari mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dikarenakan mampu menambah sel darah putih saat terkena paparan sinar baik UVB matahari. Selain itu vitamin D yang dihasilkan juga dapat mengurangi resiko datangnya berbagai penyakit seperti flu, penyakit jantung, penyakit autoimun, bahkan penyakit kanker.

Dipercaya bahwa vitamin D dari berjemur di pagi hari mampu membuat virus tidak bertahan dalam tubuh atau menangkal virus agar tidak menyebar dalam tubuh. Oleh karena itu, pada saat pandemic COVID-19 meningkat banyak masyarakat yang berjemur di pagi hari.

  • Menjaga dan mencegah kesehatan tulang

Manfaat selanjutnya adalah mampu menjaga dan mencegah gangguan yang terjadi pada tulang karena vitamin D yang dihasilkan dari berjemur di pagi hari sangat baik untuk penyerapan kalsium pada tubuh. Hal ini lah yang dapat meningkatkan kekuatan tulang serta mencegahnya dari penyakit osteoporosis dan radang sendi. 

  • Memperbaiki kualitas tidur

Tidak hanya baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tulang, berjemur di pagi hari juga baik untuk memperbaiki kualitas tidur. Untuk kamu yang sering begadang atau kualitas tidur yang berantakan. Berjemur di pagi hari bisa menjadi salah satu langkah awal untuk memperbaiki kualitas tidur agar ideal kembali. 

Waktu tidur yang tidak ideal akan menimbulkan resiko buruk seperti kerusakan sel, menurunnya daya tahan tubuh, dan mudah stress. Oleh karena itu, kamu bisa atasi dengan berjemjur di pagi hari karena sinar matahari UVB pada pagi hari dan sore hari mampu mengatur ritme sirkadian dalam tubuh dan membuat tubuh mengantuk pada saat matahari mulai terbenam sehingga kualitas tidur pun dapat diperbaiki.

  • Mengurangi depresi

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, berjemur di pagi hari juga baik untuk kesehatan mental salah satunya adalah mengurangi depresi. Sinar matahari digadang-gadang mampu memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin yang membuat perasaan senang muncul dan membuat mood baik sehingga perasaan senang dan mood yang baik akan mampu mengurangi depresi karena perasaan tenang itu.

  • Meningkatkan kualitas kerja otak berfungsi dengan baik

Manfaat yang tidak kalah pentingnya adalah mampu meningkatkan kualitas kerja otak agar berfungsi dengan baik. Sinar matahari yang tidak berlebihan mendukung pertumbuhan sel saraf di hippocampus didalam otak sehingga fungsi sel ini membantu untuk membentuk, mengatur, dan menyimpan memori dalam otak

Perlu diingat kembali perlu diperhatikan hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum berjemur di pagi hari, dan perhatikan waktu serta durasi berjemur. Jangan sampai terlewat karena bukan manfaat baik yang akan didapatkan, justru dampak negatif yang akan didapatkan bila mengabaikan hal-hal penting itu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.