Penyebab Leher Menghitam dan Cara Mengatasinya

atasi leher hitam
Leher menghitam bukan masalah besar, namun jika terus-menerus dibiarkan akan membuatmu malu jikalau leher hitammu kelihatan orang lain.

DukrefNews – Memiliki leher yang  hitam sebenarnya memang bukan masalah yang besar, namun hal seperti ini tentunya membuat diri menjadi tidak nyaman. Karena bagian leher sering kali terlihat jelas oleh banyak orang.

Nah, untuk mengatasi rasa tidak nyaman karena leher menghitam, tentu harus mengetahui terlebih dahulu penyebab atau faktor apa saja yang bisa membuat leher jadi hitam? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa leher berada di bagian belakang tubuh, nah kondisi seperti ini kadang kala membuat orang-orang menyelepelekan kebersihannya. Saat mandi, bagian-bagian tubuh lain dibersihkan dengan produk bodywash dari pabrik kosmetik, sedangkan bagian leher sering kali terlupakan bahkan mungkin dengan sengaja tidak membersihkannya karena merasa tidak penting.

Hal seperti inilah yang apabila terus menerus terjadi, justru akan membuat kotoran menumpuk pada leher sehingga lama kelamaan leher berubah menjadi hitam, ditambah lagi leher yang tidak tertutup rambut atau hijab sering kali tersorot paaparan sinar matahari, yang mampu membuat bagian leher semakin hitam dan dekil.

Selain hal-hal tersebut, ternyata masih banyak hal lain loh yang bisa membuat leher menghitam, seperti masalah Akantosis Nigrikans, Eryhema nodosum, hipermentasi karena obat-obatan, dan kadar insulin darah tinggi.

Akantosis Nigrikans adalah kondisi kulit yang tebal, gelap, dan terasa seperti beludru. Biasanya masalah seperti ini sering terjadi pada bagian leher, ataupun bagian lipatan tubuh manusia, terutama yang memiliki masalah diabetes atau pradiabetes. Bisa juga terjadi akibat gangguan hormon, ataupun efek dari penggunaan obat tertentu seperti Pil KB, Predsinon, dan lain-lainnya.

Eryhema nodosum, merupakan kondisi terjadinya peradangan lapisan lemak di kulit bawah. Jika peradangan ini terjadi, maka akan muncul bercak abu-abu, kemerahan, ataupun munculnya warna-warna hitam pada bagian leher dan juga lengan atas.

Hipermentasi karena obat-obatan, ada beberapa obat dari jenis tertentu misalnya seperti obat antiradang nonsteroid, antimalaria, antipsikotik, dan beberapa jenis lainnya sering kali menyebabkan terjadinya perubahan warna kulit menjadi menghitam di beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah leher.

Kadar insulin darah yang tinggi, teruntuk orang-orang dengan permasalahan kadar insulin tinggi, biasanya hirpegmentasi di sekitar area leher sering kali terjadi. Hal ini disebabkan karena tingkat insulin yang lebih tinggi sehingga meransang semua aktivitas sel-sel kulit, yang jika terjadi secara terus menerus akan memberikan perubahan warna di beberapa bagian tubuh menjadi lebih gelap dari biasanya.

Itulah beberapa penyebab yang sering kali membuat leher berubah jadi hitam, tapi tenang saja karena permasalah tersebut masih bisa teratasi kok. Yuk simak beberapa tips yang bisa dilakuin sendiri dari rumah untuk mengatasi masalah leher hitam

1. Rajinlah mandi, dan bersihkan leher dengan benar

Hal paling simpel namun sering kali terjadi adalah masalah malas mandi, atau jika kalian rajin mandi, biasanya suka asal mandi tanpa memperhatikan dan membersihkan bagian-bagian tubuh dengan benar. Nah hal seperti ini harus dirubah ya, biasakanlah rajin mandi dan membersihkan semua bagian tubuh dengan benar, tak terkecuali bagian leher. Jika cara seperti ini rutin dilakukan, tentu semua kotoran dan daki yang ada di leher terangkat, sehingga masalah leher yang menghitampun perlahan akan memudar dengan sendirinya.

2. Bersihkan leher dengan lidah buaya

Selain bermanfaat untuk kecantikan, ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan warna kehitaman pada leher loh. Selama pemakaiannya dilakukan secara rutin, tentu warna gelap pada leher akan memudar, karena gel lidah buaya memiliki kandungan flavonoid yang bisa membantu mengcerahkan kulit, dan juga menbantu menjaga agar kulit bisa terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: Tips Mengatasi Masalah Jerawat

3. Baking soda

Baking soda tak hanya bermanfaat untuk makanan saja loh, melainkan juga bisa membantu mengatasi masalah kehitaman pada leher. Dengan penggunaan baking soda secara rutin, nantinya lapisan-lapisan kulit mati yang terdapat dileher akan terangkat, sehingga warna yang gelap dan kusam pun juga akan memudar.

4. Cuka apel

Selanjutnya yang bisa membantu menghilangkan warna kehitaman pada leher adalah cuka apel. Hal ini karena cuka apel memiliki kandungan asam malat yang mampu membuat pH kulit jadi seimbang, sehingga bisa mengatasi warna kehitaman pada kulit, dan kulitpun jadi tampak lebih cerah.

Adapun rekomendasi produk kecantikan lokal yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah leher menghitam. Produk kecantikan dapat membantu, menjaga dan mencegah masalah kulit leher yang menghitam.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.