Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan
Pentingnya teknologi pendidikan ini bagi manusia khususnya dalam bidang pendidikan. Apa pentingnya bidang teknologi untuk Pendidikan?

Dukref News – Teknologi Informasi, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Information technology adalah istilah umum untuk setiap teknologi yang membantu manusia untuk membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, atau menyebarkan informasi.

Dapat dikatakan bahwa teknologi informasi adalah berbagai fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak untuk mendukung dan meningkatkan kualitas informasi bagi masyarakat secara cepat dan berkualitas. Dari penjelasan singkat di atas, terlihat betapa pentingnya teknologi pendidikan ini bagi manusia khususnya dalam bidang pendidikan. Apa pentingnya bidang teknologi untuk Pendidikan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Read More

Pendidikan penting bagi kehidupan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Setiap negara berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di bidang teknologi dan informasi. Menurut Prof. H. Mahmud Yunus, “Pendidikan menggambarkan suatu usaha yang memang sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak-anak yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuannya, baik jasmani dan akhlaknya sehingga secara perlahan dapat mengantarkan anak pada cita-cita dan cita-citanya yang setinggi-tingginya. hidup bahagia dan apa yang dilakukannya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, negara, dan agama”.

Apa Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan?

1. Sebagai Media Menambah Informasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan berkembangnya teknologi di era sekarang ini, banyak hal yang juga dimudahkan oleh perkembangan tersebut. Salah satunya adalah menjadi lebih mudah bagi kita untuk menambah informasi dan juga mendapatkan informasi dengan cepat. Kemudahan ini tentunya pengaruh dari perkembangan teknologi yang memungkinkan kita untuk mengakses banyak website, situs dan materi yang berhubungan dengan sekolah atau pembelajaran kita.

2. Teknologi sebagai Akses Pembelajaran

Dengan teknologi, proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan baik, mudah, dan lancar. Contohnya seperti situasi pandemi saat ini dimana siswa melakukan proses pembelajaran dengan berani dan kemajuan teknologi, proses pembelajaran dapat tetap berjalan dengan baik, seperti melakukan proses pembelajaran melalui platform zoom atau google meet, dll.

3. Membantu Proses Pembelajaran Menjadi Lebih Menarik

Dengan berkembangnya teknologi, proses pembelajaran juga berkembang menjadi lebih variatif dan menarik. Guru dapat menggunakan berbagai media untuk melaksanakan proses pembelajaran. Seperti membagikan materi melalui powerpoint yang dapat dibuat dan dihias semenarik mungkin untuk dipelajari siswa. 

Atau bisa juga dengan menampilkan video-video edukasi yang bisa ditemukan dengan mudah di Youtube saat ini dengan berbagai topik dan tema. Dengan berbagai proses pembelajaran ini, siswa tidak akan bosan mendengarkan materi dan pembelajaran.

4. Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Dengan berbagai metode pembelajaran yang dapat dilakukan melalui teknologi saat ini, minat belajar siswa juga akan meningkat karena proses pembelajarannya tidak monoton hanya dengan satu metode. Dengan kemudahan bagi pendidik dan peserta didik untuk mengakses banyak informasi melalui berbagai media dan platform, maka proses belajar mengajar akan lebih variatif dan menarik.

5. Teknologi berperan aktif dalam semua kegiatan pendidikan dan memfasilitasi proses pembelajaran

Dengan pemanfaatan teknologi dan informasi dalam proses pembelajaran, hal ini akan memudahkan proses belajar mengajar. Teknologi dalam pendidikan dapat kita manfaatkan kapan saja dan dimana saja sehingga memudahkan proses pembelajaran itu sendiri.

Namun, tahukah Anda bagaimana memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kegiatan belajar Anda? Simak ulasan berikut untuk mempermudah belajar.

6. Menonton video pembelajaran di berbagi video

apakah Anda memanfaatkan situs berbagi video seperti YouTube untuk mengakses video pembelajaran yang informatif? YouTube tidak hanya menyediakan video yang berisi vlog. Ada juga banyak akun yang mengunggah video informatif, mulai dari tips,  tutorial, hingga diskusi tentang topik yang tertentu. Ini cocok untuk Anda yang lebih suka belajar dengan bantuan media audio dan visual. Anda tidak hanya mendapatkan hiburan melalui situs video seperti YouTube, tetapi juga pengetahuan yang berharga.

7. Menjadi Kamus online untuk belajar bahasa asing

Penguasaan bahasa asing di era sekarang ini bisa dibilang suatu keharusan. Bagaimana bisa ? Saat ini, kehadiran teknologi telah menunjukkan bahwa tidak ada batasan komunikasi. Padahal, teknologi telah mendukung Anda untuk bisa berinteraksi dan bekerja dengan orang asing. 

Dengan begitu, tidak ada salahnya mempelajari bahasa asing sejak dini. Akses untuk belajar bahasa asing sendiri mudah ditemukan di era teknologi yang begitu berkembang. Kita bisa menggunakan beberapa situs kamus online yang saat ini banyak tersedia di search engine.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.