Qouilulah; Tidur Siang Yang Menyehatkan

tidur siang menyehatkan
Tidur siang bukan karena malas-malasan. Akan tetapi, tidur siang juga menyehatkan bagi tubuh kita yang sedang lelah.

Dukref News – Qouilulah; Tidur Siang Yang Menyehatkan – Kenyataan ini memanglah benar adanya sekaligus dampaknya. Umat manusia dianjurkan memperkecil jatah tidur malamnya untuk beribadah pada Tuhannya, dan menggantinya sejenak di waktu siang untuk meningkatkan stamina dan berbagai potensi kesehatan lainnya.

Banyak sekali tanda-tanda kekuasaan Allah SWT yang tanpa kita sadari dijalani dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya adalah tidur siang. Mungkin yang terasa pada kehidupan umat manusia bahwa tidur siang hanyalah sebatas bentuk istirahat sebentar saja, namun lebih dari itu banyak manfaat tidur siang bagi kesehatan. Firman Allah dalam al-Qur’an, 

وَمِنۡ ءَايَٰتِهِۦ مَنَامُكُم بِٱلَّيۡلِ وَٱلنَّهَارِ وَٱبۡتِغَآؤُكُم مِّن فَضۡلِهِۦٓۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَٰتٖ لِّقَوۡمٖ يَسۡمَعُونَ ٢٣ 

 “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (QS. ar-Rum: 23)

Tidur merupakan kebutuhan yang bersifat asasi dan vital bagi manusia untuk mengistirahatkan badan dan pikiran setelah disibukkan dengan berbagai aktivitas. Di antara waktu-waktu tidur itu adalah waktu siang hari yang dikenal dengan Qoilulah. Qoilulah dalam bahasa Arab berarti waktu sejenak dan singkat di tengah perjalanan kesibukan sehari-hari. Ia adalah saat-saat di mana jiwa manusia membutuhkan ketenangan, rehat sejenak, atau juga sebentar untuk merenung dan berpikir, serta mengusir rasa penat dan kegelisahan. Tidur siang walaupun sebentar saja dapat mengurangi stress dan membantu mempertahankan energi seharian penuh. Di sebagian negara misalnya di belahan Utara kota San’a Yaman, tidur siang dianggap sebagai saat-saat rasa malas datang dan berada pada frekuensi terendah dari aktivitas hariannya. Rasulullah juga menganjurkan untuk tidur siang sebagaimana dalam sabda beliau;

قِيْلُوا فَإِنَّ الشَّيَاطِيْنَ لاَ تَقِيْلُ

“Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.” 

dan dalam hadis lain juga disebutkan ;

 عن سهل بن سعد رضي الله عنه قال: ما كنا نقيل ولا نتغذى إلا بعد الجمعة في عهد النبي صلى الله عليه وسلم. واللفظ لمسلم.

“Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu berkata, “kami (dahulunya) tidaklah melakukan qailulah dan makan kecuali setelah shalat jumat di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Dalam setiap hal yang dianjurkan oleh Rasulullah tentunya mempunyai tujuan dan manfaat tertentu. Begitu juga dengan anjuran tidur qoilulah, selain untuk melepaskan rasa penat, ada manfaat lain bagi kesehatan manusia. Tidur siang sangat bermanfaat dan terasa bagi mereka yang terbiasa. Badan akan terasa segar jika bangun dari tidur qoilulah yang walaupun sebentar tetapi berkualitas.

Berikut manfaat tidur siang bagi kesehatan:

1. Meningkatkan daya ingat

Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa tidur qoilulah selama 45 menit bisa membantu meningkatkan daya ingat. Peningkatan ini terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimana biasa terjadi saat tidur qoilulah.

Peningkatan aktivitas otak saat sedang tidur juga diyakini bermanfaat untuk mempelajari bahasa asing. Kata-kata atau istilah baru akan lebih mudah diingat jika sering diperdengarkan saat sedang tidur.

2. Meningkatkan produktivitas

Tidur qoilulah dapat melindungi otak dari pengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan dan membantu mengkonsolidasikan informasi yang baru dipelajari. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan konsentrasi dan produktivitas di tempat kerja. Bahkan penelitian sebelumnya menemukan tidur siang dapat menurunkan tekanan darah.

3. Mengobati insomnia

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur qoilulah selama 15 menit merasa lebih waspada dan kurang mengantuk, bahkan ketika malam hari.

4. Menurunkan stres

Ingin memotong hormon stres kortisol sebanyak separuh? Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres secara dramatis mengalami penurunan setelah tidur qoilulah, terutama jika semalam tidurnya kurang begitu nyenyak. 

Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa ketika sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam semalam sebelum bertugas, kadar kortisolnya meningkat secara signifikan dan bertahan selama 2 hari. Namun ketika berhasil tidur qoilulah walau sebentar, kadar kortisol berkurang separuhnya.

5. Mencegah penyakit jantung

Tidur qoilulah yang pendek selama 20-40 menit bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Yunani.

Peneliti menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur qoilulah 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Menurut penelitian ini, tidur qoilulah yang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Jika berlebihan, justru menyebabkan terbangun dengan kepala berat.

Itulah sekelumit manfaat kesehatan yang bisa dirasakan bagi seseorang yang membiasakan dirinya tidur sejenak di siang hari dengan sebutan tidur qoilulah. Selain dari pada itu, dalam prospektif nilai spiritual dan konteks agama, tidur qoilulah juga berguna untuk kita bisa begadang ataupun terjaga di malam hari sembari melakukan ibadah. Sebab, keistimewaan سحر الليالي (terjaga di waktu malam) sangatlah banyak yang kesemua itu merupakan bentuk perwujudan ibadah. Apalagi waktu malam dalam koridor waktu sepertiga malamnya merupakan salah satu momentum dimana doa-doa umat manusia mudah diistijabah oleh Allah SWT. Maka dari itu momentum ibadah dan panjatan doa yang demikian, tidaklah rela untuk dilewati, sehingga perlu adanya persiapan yang dalam hal ini salah satunya ditempuh dengan cara qoilulah. wallahu a’lam bi as-Shawab

Ditulis oleh: Moh. Abdul Majid

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.