Sering Merasa Malas? Ikuti Tips Ini Agar Kembali Produktif

atasi rasa malas
Terkadang kita seringkali menjadi malas untuk melakukan kegiatan apapun. Kamu bisa ikuti tips ini agar kembali produktif kembali.

Dukref News – Sering Merasa Malas? Ikuti Tips Ini Agar Kembali ProduktifRasa malas kerap kali dialami oleh semua orang, dan tentunya hal ini bisa mengganggu kegiatan sehari-hari kita. Tugas atau pekerjaan yang seharusnya selesai dalam kurun waktu dekat menjadi telat karena terulur waktu yang dibuang dengan sia-sia. 

Apabila rasa malas ini terus menggerogoti keseharian kita dan jika kita biarkan, kita akan menjadi orang yang tidak produktif. Rasa malas merupakan kebiasaan buruk yang harus dihilangkan, jika dibiarkan bukan hanya diri kita tidak menjadi produktif tetapi juga bisa merugikan diri kita di masa sekarang atau berdampak buruk bagi masa depan kita.

Untuk itu, kita harus menjadi orang yang bisa mengatasi rasa malas yang datang di diri kita dengan mengubahnya melalui kegiatan-kegiatan yang dapat membantu. Kita harus mengubah diri kita dari yang semula tidak produktif menjadi produktif kembali. Lalu bagaimana caranya menghilangkan rasa malas ini? Berikut jawaban atas pertanyaanmu, cara-cara yang dapat kamu ikuti untuk menghilang kan rasa malas berikut ini :

Cara Mengatasi Rasa Malas

Rasa malas dapat menyerang siapa saja di waktu yang tidak dapat ditentukan dan datangnya rasa malas ini bisa mengganggu kegiatan sehari-sehari. Dalam pembahasan kali ini, kita akan mempelajari apa saja cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa malas. Berikut beberapa cara untuk menghilangkan rasa malas agar kembali produktif.

  • Membuat To Do List/Jadwal

Membuat jadwal atau to do list kegiatan apa saja yang akan kita lakukan hari ini bisa membantu kita menjadi produktif kembali. Dengan membuat to do list, kita menjadi tahu sebanyak apa dan sesulit apa pekerjaan yang kita punya. Oleh karena itu, kita akan mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikannya sesuai tenggat waktu.

Selain itu, dengan membuat perencanaan melalui to do list kita akan tahu berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan satu demi satu pekerjaan tersebut sehingga kegiatanmu dapat terstruktur dengan baik. Tidak akan ada lagi waktu yang terbuang sia-sia. Tetapi perlu diingat, to do list ini akan berjalan apabila ada tindakan nyata.

  • Lakukan Pekerjaan Sedikit Demi Sedikit

Cara selanjutnya untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan memprioritaskan pekerjaan apa yang penting, dahulukan pekerjaan penting yang membutuhkan waktu banyak dalam mengerjakannya. Jika sudah, kamu bisa mulai mencicil pekerjaan tersebut atau tugas tersebut karena meskipun mencicilnya sedikit tetap mendapatkan hasil. 

Kamu harus mulai bisa berkata “Tidak” pada hal yang tidak kamu kuasai atau tidak dapat kamu kerjakan. Terkadang sulit berkata “Tidak” pada orang yang meminta bantuan kita untuk menyelesaikan pekerjaannya, padahal pekerjaan tersebut tidak kamu kuasai dan akan menyita waktumu terlalu banyak.

Membantu orang memang baik, namun kita perlu mengkotak-kotakan apa saya yang penting untuk diri kita dan apa saja prioritas dalam hidup kita, waktu kita, tujuan kita, termasuk pekerjaan yang kita ambil.

  • Lakukan Aktivitas Fisik

Untuk menjadi seorang yang produktif, kita perlu fokus dalam mengerjakan sesuatu. Apabila kamu kesulitan fokus terhadap suatu kegiatan, hal ini bisa datang karena kamu kurang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, jalan santai, bersepeda santai, atau kegiatan fisik lainnya.

Cobalah luangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik di luar rumah karena cara ini akan membantu kita kembali fokus pada suatu kegiatan yang sedang dikerjakan, karena dengan melakukan aktivitas fisik pikiranmu akan segar kembali dan menjadi lebih bersemangat untuk menjalani pekerjaan atau kegiatan lain.

  • Waktu Istirahat Yang Cukup

Rasa malas dapat menyerang siapa saja tidak bergantung pada umur, gender, dan pekerjaan. Dengan tugas dan pekerjaan yang banyak, terkadang kita jadi lupa untuk berisitirahat sehingga setiap harinya selalu menyelesaikan tugas di waktu-waktu yang seharusnya digunakan untuk merehatkan tubuh.

Pikiran dan tubuh manusia memerlukan istirahat yang cukup, jika tidak akan mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan. Salah satu yang berdampak bagi diri kita adalah menurunnya produktivitas sehingga rasa malas akan tetap menguasai pekerjaan menjadi tertunda. Oleh karena itu, perlu untuk mengatur ulang waktu dengan sebaik mungkin antara mengerjakan pekerjaan dan waktu tidur sehingga istirahat ideal pun dapat kita lakukan. Idealnya waktu istirahat yang cukup adalah 7-9 jam sehari.

  • Isi Kegiatan Dengan Hobi

Setiap orang tentunya memiliki hobi yang berbeda-beda. Hobi atau kegemaran ini menyenangkan untuk dilakukan mengisi hari luang dan faktanya dengan mengisi kegiatan sesuai dengan kegemaran yang dimiliki dapat menghilangkan rasa malas karena dapat membuat perasaan bahagia muncul sehingga hari-hari pun menjadi menyenangkan, termotivasi kembali dengan semangat baru, dan kita akan bisa menikmati hidup dengan kegiatan positif. 

  • Beraktivitas Di Luar Rumah

Umumnya rasa malas dapat terjadi karena adanya rasa bosan yang dimiliki saat hari luang sehingga kita menjadi malas untuk berproduktif mengisi hari dengan kegiatan yang lebih penting. Yang dilakukan malah bermalas-malasan menghabiskan waktu dengan gadget atau menghabiskan waktu dengan kegiatan lain yang sebetulnya dapat kita manfaatkan dengan hal yang lebih baik dan penting.

Untuk itu, agar hari kita menjadi lebih produktif dan diisi dengan kegiatan yang memberi manfaat, kita bisa coba lakukan aktivitas di luar rumah seperti pergi ke kafe, bertemu dengan teman, membaca buku di perpustakaan, atau kegiatan yang lainnya.

Rasa malas memang tidak dapat dihindari, tetapi kita masih bisa untuk menghilangkannya. Cara-cara diatas dapat kamu coba untuk lakukan mulai dari sekarang agar hari-hari yang produktif pun dapat kamu raih kembali sehingga pekerjaan-pekerjaan bisa terselesaikan satu per satu. 

Jika kamu ingin keadaan maka kamu harus dimulai dari dirimu sendiri dan bulatkanlah tekad yang kuat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. 

Sekian beberapa cara untuk menghilangkan atau mengatasi rasa malas. Semoga bermanfaat untukmu!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.