Tips Agar Fotomu Terlihat Bernyawa

Tips Agar Fotomu Terlihat Bernyawa
Pengambilan foto terkadang tak sesuai dengan nilai seni fotografi. Begini caranya agar hasil fotomu terlihat bernyawa atau hidup.

Dukref News – Bagi seorang fotografer, memotret hal-hal yang indah dan penuh makna merupakan kebahagiaan tersendiri.

Untuk itu, dimanapun dan kapanpun saat menemukan momen manis ataupun tempat-tempat yang indah, menjadi kesempatan untuk memotretnya. Nah bagi kamu yang menyukai dunia fotografi, Dukref Production akan memberikan beberapa tips agar hasil fotomu tak hanya bagus, namun juga bernyawa.

Read More

1. Kamu bisa pergi ke berbagai tempat yang memang disukai

Kemanapun dan apapun itu yang memang memiliki makna bagimu. Lalu ambilah gambar ataupun momen-momen manis yang membuat hatimu tergerak.  Melalui foto-foto tersebut, kamu bisa menyampaikan apapun terkait hal yang dirasakan.

2. Saat mengambil gambar

Gunakanlah lensa fix lebar. Saat menggunakan lensa seperti ini, sebaiknya kamu mengambil gambar secara dekat dan fokus, lalu gunakanlah bukaan yang kecil yaa saat memotret.

3. Dalam mengambil foto yang terkesan bernyawa

Cukup fokus pada 3 hal, seperti subjek, foreground, dan juga background. Dilihat dari komposisi kanan kiri atas bawah dan tengah. Apakah seimbang atau sesuai dengan real atau tidak.

4. Saat memotret tak usah terbebani pandangan

Ataupun penilaiaan orang-orang padamu. Apapun respon mereka saat kamu sedang memotret abaikan saja. Cukup dengan meminta izin, sebagai tanda rasa hormatku kepada orang-orang sekitar bahwa kamu ingin memotret lingkungan tempat mereka.

5. Lihat kondisi lingkungan

Apabila warna kondisi lingkungan yang ingin dipotret menarik, kamu bisa membuat fotonya berwarna. Namun sebaliknya, jika kondisi lingkungan tersebut warnanya kurang menarik, maka sebaiknya buat foto warna hitam putih.

Baca Juga: 5 Macam Macam Angle Fotografi

Nah itulah beberapa cara agar kamu bisa menghasilkan foto yang tak hanya bagus, namun terkesan bernyawa. Eits, tenang tidak hanya itu kok, Dukref Production juga akan memberikan tips-tips lain agar hasil fotomu semakin terkesan bernyawa loh, yuk simak tipsnya:

1. Jika kamu sedang berada di sektar hotel ataupun gedung-gedung yang tinggi, dan kondisi cuaca sedang mendukung, kamu bisa pergi ke tempat itu loh untuk mengambil foto-foto yang indah dan terkesan bernyawa.

2. Bagi penyuka mural ataupun grafiti, pergilah ke tempat-tempat tersebut. Karena di sana terdapat banyak gambar yang menarik, bukan hanya dari segi lukisannya melainkan juga makna dari setiap gambar yang merupakan suara ataupun isi hati dari kebanyakan orang yang ingin disampaikan melalui mural ataupun grafiti tersebut.

3. Perhatikanlah tempat yang terdapat banyak interaksi manusia di dalamnya. Contoh kamu bisa pergi ke sebuah pasar, di tempat itu kamu bisa memotret berbagai manusia dengan segala interaksi dan aktivitasnya. Saat memotretnya, usahakanlah mengambilnya dengan jarak yang dekat dengan objek agar hasil fotomu lebih indah dan makna yang terdapat terkesan kuat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *