Tips Agar Hemat Listrik Menggunakan AC

tips hemat penggunaan ac
Banyak beranggapan punya AC boros listrik sehingga penagihan membengkak. Ikuti tips ini untuk menghemat dalam menggunakan AC di rumahmu.

Saat ini banyak pendingin ruangan seperti AC. Banyak yang beranggapan bahwa punya AC akan boros listrik sehingga penagihan membengkak. Kamu bisa ikuti tips ini untuk menghemat dalam menggunakan AC di rumahmu.

1. Suhu 26°C

Suhu 26° dari AC ini merupakan suhu paling nyaman, tepat dan tidak mudah bikin sakit. Meski tubuh manusia sendiri mampu menyesuaikan suhu tubuh, tapi kemampuan tersebut juga ada batasnya. Bila suhu luar dan dalam ruangan beda terlalu jauh, Kamu pun bisa dengan begitu mudah jatuh sakit. Maka, suhu 26° ini sangat cocok dan membuat AC-mu jadi lebih irit.

2. Mode Dry

Saat udara terlalu panas dan lembab, ubah mode AC menjadi ‘Dry’. Saat musim hujan, udara akan terasa lebih panas dan lembab, nah pada saat ini ubahlah AC mu dari Mode ‘Cool’ menjadi Mode ‘Dry’. Mode ‘dry’ ini tidak hanya bisa menyebabkan udara lembab tapi juga membuat AC lebih irit banyak.

Saat kamu menyalakan mode ‘Cool’, kipas AC akan terus berputar kencang sampai suhu ruangan dingin. Hal ini sangat membuang listrik. Tapi ketika kamu menyalakan mode ‘Dry’, Kipas AC akan berputar dengan lebih lambat dan stabil, hingga listrik yang digunakan pun jadi lebih irit.

3. Jendela Harus Dibuka

3 jam pada saat setelah penggunaan AC, Jendela harus dibuka. Banyak sekali orang yang belum mengetahui hal ini, padahal ini merupakan hal penting. Bila AC sudah menyala selama 3 jam di ruang tertutup, maka udara di dalam tidak segar lagi.

Bila dalam 6 jam tidak ada pergantian udara, maka udara tersebut sudah terpolusi sangat berat. Polusi udara ini mempengaruhi kesehatan. Bila kamu sudah sering mengalami masalah pernapasan, flu, pusing, dan suka dalam ruangan AC tertutup maka perlu memperhatikan hal ini. Sebaiknya jendela dibuka setelah 3 jam penggunaan AC.

4. Mulut AC mengarah atas

Ketika menyalakan AC, aturlah mulut AC agar keatas. Selain baik untuk tubuh, hal ini juga akan membuat angin AC lebih cepat memenuhi ruangan dan stabil.

5. Tidur menyamping

Tidur terlentang di bawah angin AC dapat membuat kering dan angin AC yang langsung meniup ke tubuh tidak baik untuk kesehatan. Dokter Li, dari Taiwan, mengatakan sebaiknya tidur posisi dengan menyamping ketika buka AC. Hal ini dapat mencegah kamu bernafas dengan membuka mulut dan membuat aliran udara lebih stabil.

6. Buka AC dulu, baru tutup Jendela

Hal penting yang harus kamu perhatikan ketika membuka AC adalah langkah-langkahnya :

-Kamu harus masuk ruangan dahulu

-Buka atau nyalakan AC

-Baru, tutup jendela

Tujuan dari hal ini (membuka AC dulu) adalah agar udara kotor pada AC dapat keluar terlebih dahulu setelah AC dinyalakan beberapa saat, Barulah kita menutup jendela kita.

Bila ingin meninggalkan ruangan sebentar, tak perlu mematikan AC Bila kamu ingin meninggalkan ruangan sesaat, tidak perlu mematikan AC.

Banyak sekali orang, yang gara-gara ingin irit. Mereka selalu mematikan AC meski sebentar. Lalu menyalakan lagi saat kembali ke rumah. Padahal, cara ini membuat AC kita boros dan tidak baik untuk mesin pada AC

AC yang terlalu sering terbuka dan tertutup membuat mesin kelabakan dan hingga akhirnya rusak. Saat menyalakan AC daya yang digunakan sekitar 500 -1000 watt, ini bisa membuat boros listrik! Bila kamu ingin berpergian misal hanya 1 jam lebih baik rak perlu mematikan AC agar listrik mu bisa lebih irit

Jangan Tergesa-gesa menyalakan AC

Saat masuk ruangan, jangan tergesa-gesa untuk menghidupkan atau menyalakan AC. Karena banyak sekali kita temukan orang yang sedang kepanasan, pasti langsung menyalakan AC.

Bila sedang berada di luar dengan suhu yang begitu sangat tinggi, dan langsung menyalakan AC dengan suhu rendah akan menyebabkan tubuh kita tak sempat beradaptasi dalam menyebabkan tekanan darah mu menjadi tinggi, melonjak, dalam sesaat.

Hal ini sangat tidak baik, terutama bagi orang yang memiliki jantung lemah. Saat masuk ruangan jangan terburu – buru menyalakan AC. Tunggu saat tubuhmu melakukan adaptasi atau penyesuaian baru nyalakan atau hidupkan AC.

Demikian artikel informasi tips penggunaan AC agar kita lebih hemat listrik dan baik untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.