Tips Belajar Bahasa Inggris Dari Nol Untuk Pemula

belajar bahasa inggris
Bahasa inggris menjadi bahasa internasional. Bagi kamu yang mau belajar bahasa inggris dari nol untuk pemula, bisa ikuti tips berikut ini.

Dukref News – Tips Belajar Bahasa Inggris Dari 0 Untuk Pemula – Semakin maju teknologi masyarakat semakin dipermudah dalam menggali berbagai informasi, kemajuan teknologi juga mempermudah masyarakat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Salah satu dari kemajuan teknologi yang dirasakan adalah mempemudah masyarakat untuk belajar dan menguasai bahasa inggris hanya dengan bermodalkan gadget.

Bahasa inggris merupakan bahasa universal yang umum dikuasai oleh banyak orang dari berbagai penjuru dunia, namun bagi pemula terkadang bingung harus mulai dari mana untuk mempelajari bahasa inggris dan terhalang budget untuk mengikuti kursus. Sebenarnya kamu bisa belajar bahasa inggris dari kegiatan sehari-hari yang dilakukan.

Akses internet yang ada saat ini mempermudah kamu untuk bisa belajar bahasa inggris hanya dengan dirumah saja bermodalkan smartphone melalui aplikasi pembelajaran bahasa inggris yang dapat diunduh secara gratis.

Asalkan ada kemauan dan tekad yang kuat untuk belajar, menguasai bahasa inggris pun menjadi pembelajaran menyenangkan dan tidak sulit. Bisa dimulai dari kebiasan sehari-hari untuk mengembangkan kosa kata bahasa inggris setiap harinya. Selalu konsisten dan disiplin proses belajarnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Apa saja tips-tips menguasai bahasa inggris dari 0 untuk pemula?

Simak jawabannya dibawah ini!

Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

  • Mengubah bahasa di ponsel menjadi bahasa Inggris

Hal paling dasar untuk belajar bahasa inggris bisa dimulai dengan mengubah bahasa pada ponsel yang semula menggunakan bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris. Hal ini akan mempermudah kamu untuk menambah penguasaan kosa kata baru yang kamu dapatkan. Dengan tips ini juga kamu akan terbiasa dengan kata-kata bahasa inggris, mulai dari kata-kata dasarnya.

  • Menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris

Kemajuan teknologi dan akses internet sekarang ini mempermudah masyarakat untuk menambah ilmu pengetahuan salah satunya adalah aplikasi pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Inggris yang sudah banyak tersedia di semua ponsel yang dapat diunduh dengan mudah dan gratis.

Manfaatkan dan coba belajar menggunakaan aplikasi belajar bahasa Inggris untuk mempermudah kamu tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang umum tersedia banyak materi yang sudah disesuai dari level pemula sampai seterusnya, meningkat secara berkala.

  • Memperbanyak penguasaan kosa kata

Perbanyak kosakata dalam bahasa inggris juga penting, semakin banyaknya penguasaan kosa kata bahasa Inggris yang kamu punya maka akan cepat pula kamu menguasai bahasa Inggris.  Memperbanyak kosa kata baru dapat dengan mudah kamu lakukan missal dari mengubah bahasa di ponsel menjadi bahasa inggris, kamu akan menemukan kosa kata baru dan kegiatan sehari-hari lainnya yang kamu lakukan bisa menambah penguasaan kosa kata baru.

Namun, jangan lupa untuk mengingat kosa kata baru yang kamu dapat lalu coba interpretasikan ke dalam sebuah tulisan dengan melihat contoh-contoh bagaimana penggunaan kosa kata tersebut dalam kalimat atau dalam percakapan. 

Terkadang orang keliru dalam penggunaan kosa kata ketika digunakan dalam sebuah kalimat atau berbincang. Penguasaan kosa kata ini akan membantu kamu terus meningkatkan kefasihan berbahasa Inggris.

  • Sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris juga bisa dilakukan dari hiburan yang sering kita lakukan, contoh saja mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Kamu bisa mencari lirik dari lagu tersebut  kemudian kamu pelajari arti dari lirik tersebut. 

Temuan dari arti lirik yang kamu cari akan menambah kosa kata baru yang bisa kamu kuasai dan hafalkan. Tidak hanya menguasai kosa kata, apabila kamu sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris akan membantu kamu belajar pelafalan dan pengucapan bahasa Inggris yang benar. Tips ini sangat menyenangkan untuk kamu coba, hiburan namun tetap ada nilai pembelajaran yang bermanfaat.

  • Belajar melalui film berbahasa Inggris

Tidak hanya dari mendengarkan lagu, kegiatan menyenangkan selanjutnya yang bisa kamu jadikan wadah pembelajaran bahasa Inggris adalah menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle bahasa Indonesia. Dengan menonton film berbahasa inggris kamu akan melihat, mendengar, dan mempelari langsung bagaimana percakapan bahasa Inggris. 

Dalam film terdapat banyak kosa kata baru yang bisa kamu kuasai, banyaknya kosa kata dalam film dan terjadi pengulangan kosa kata membuat kamu akan terbiasa dengan pengucapakan dan penulisan dari kosa kata tersebut serta bagaimana kosa kata digunakan dalam sebuah kalimat.

  • Membaca buku bahasa Inggris

Tips selanjutnya adalah banyak membaca buku bahasa Inggris. Kamu bisa membaca novel-novel berbahasa Inggris. Kamu akan menemukan kosa kata baru dalam penulisan novel tersebut, kamu bisa mencatat kosa kata baru kemudian mencari tahu melalui aplikasi penerjemah dan selanjutnya bisa kamu hapalkan kosa kata baru itu. 

Selain sebagai hiburan, novel juga menjadi sumber pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan untuk dibaca karena dibalut dengan cerita yang menarik dan penulisan yang indah dari pengarang.

  • Latih menulis menggunakan bahasa Inggris

Rasanya belum lengkap apabila belajar bahasa Inggris hanya dihapalkan saja, maka kamu harus melatih menulis menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa menggali informasi contoh penggunaan kosa kata yang sudah kamu kuasai dalam sebuah kalimat. 

Buat kalimat sederhana dan mudah terlebih dahulu, tips ini akan memudahkan kamu terbiasa untuk menggunakan bahasa Inggris dan meningkatkan kepercayaan diri kamu untuk berinteraksi dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris.

  • Melatih melalui praktek langsung berbahasa Inggris

Rutin berlatih menjadi point utama bahasa Inggris dapat dikuasai dengan cepat, selain itu kamu harus melatih kemampuan dan tips-tips yang sudah kamu terapkan diatas melalui praktek langsung berbahasa Inggris. 

Praktek berbahasa Inggris bisa dilakukan dengan mulai berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan temanmu atau berbicara kepada diri sendiri depan cermin apabila kamu malu dan tidak percaya diri. Melalui praktek ini akan membuat kamu terbiasa dengan pelafalan dan pengucapan bahasa Inggris.

Demikian beberapa tips yang bisa dicoba untuk pemula belajar Bahasa Inggris dari 0. Tidak proses belajar yang sulit asalkan sudah disertai niat dan tekad yang kuat untuk melakukannya.

Jika sudah ada niat untuk melakukan maka niatkan juga untuk menyelesaikannya. Jangan sampai berhenti di tengah jalan, terus buat diri kamu termotivasi untuk belajar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.