Tips Mengatur Pola Hidup Lebih Sehat

mengatur pola hidup sehat
Memiliki tubuh sehat idaman semua orang. Namun sedikit mampu mengatur pola hidup sehat. Oleh karena itu, tips ini buat atur pola hidup sehat.

Dukref News – Tubuh adalah aset penting yan harus kita jaga, namun terkadang kita tidak sadar bahwa akitivitas yang sering kita lakukan sehari-hari dapat menimbulan gaya hidup yang tidak sehat seperti waktu tidur yang kurang dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji. Untuk itu kamu harus lebih memperhatkan diri mulai dari sekarang dengan mengatur kembali pola hidup yang sehat.

Menjaga pola hidup sehat adalah salah satu hal penting yang harus kita lakukan karena sehat itu mahal. Dan itu semua harus berawal dari kegiatan sehari-hari yang kita lakukan, cara terbaik yang harus dilakukan pertama dengan menghindari hal-hal yang menjadi pemicunya seperti kurang minum air putih, waktu tidur yang kurang, dan yang paling sering terjadi adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji.

Banyak orang terkadang lalai dalam memperhatikan kesehatan tubuhnya, beranggapan selama tubuh tidak sakit maka tubuh sehat-sehat saja. Pikiran ini salah, mungkin memang belum dirasakan sekarang tapi kita tidak tahu kedepannya akan memberikan pengaruh apa terhadap tubuh. Apalagi untuk anak muda sekarang yang kurang beraktivitas olahraga, dan sering mengkonsumsi makanan cepat saji.

Sebagai anak muda, cobalah untuk rutin melakukan olaharaga ringan yang bisa dilakukan dirumah saja atau lebih baik dengan olahraga diluar ruangan seperti lari atau bersepeda. Karena sehat itu mahal, kamu bisa berinvestasi untuk kesehatan di masa depan dengan rajin olahraga mulai dari sekarang.

Untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat memang tidak mudah, banyak sekali pantangan yang harus dihadapi. Pantangan yang paling umum dirasakan adalah rasa malas yang membuat tubuh jadi menolak untuk melakukan berbagai aktivitas produktif atau kebiasaan buruk yang sudah terbentuk akan lebih sulit untuk diubah. Kebiasaan buruk ini akan memberikan pengaruh buruk pula terhadap tubuh, bisa muncul berbagai penyakit dan tentunya kualitas hidup pun jadi memburuk.

Cara terbaik mengatur pola hidup sehat dimulai dari meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik. Kamu tidak perlu risau ataupun gelisah karena kamu akan menemukan jawabannya pada ulasan berikut ini :

Tips Mengatur Pola Hidup Sehat

  • Perhatikan Pola Makan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah pola makan teratur. Pola makan yang berantakan akan membuat tubuh kekurangan asupan gizi, cobalah ubah pola makan menjadi teratur dengan makan 3 kali sehari. 

Awali pagi hari dengan sarapan, apabila kamu tidak terbiasa dengan sarapan berat. Kamu bisa awali dengan sarapan roti dengan susu putih dan bisa kamu tambahkan dengan mengkonsumsi buah. Pada siang hari kamu bisa isi perut dengan makanan berat yang memiliki gizi seimbang 4 sehat 5 sempurna lalu pada malam harinya kamu isi kembali kebutuhan gizi tubuh dengan konsumsi makanan bergizi yang mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin.

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Yang sering kita abaikan adalah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kita sering lalai memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh, sering pula asal pilih makanan yang kita tidak tahu apakah makanan tersebut sudah terjamin kebersihannya ataupun tidak. 

Kamu harus memperhatikan asupan makanan yang masuk dalam tubuh, apakah makanan tersebut bersih atau tidak pembuatannya dan apakah bahan-bahan yang digunakan sehat atau sebaliknya. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna, kamu bisa membuatnya dirumah atau membeli di resto yang sudah teruji kebersihannya. 

Hindari makanan cepat saji dan makanan yang terlalu berminyak karena makanan ini akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh.

  • Minum Air Putih Yang Cukup

Tubuh memerlukan cairan yang cukup jika tidak kita akan mengalami dehidrasi yang akan memperburuk kesehatan tubuh. Minum air putih baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kamu bisa konsumsi air putih dengan minimal 8 gelas perhari.

Apabila kamu sering lupa untuk minum air putih, kamu bisa membuat note di ponsel ataupun mengunduh aplikasi pengingat minum yang tentunya akan membantu kamu.

  • Istirahat Yang Cukup

Waktu tidur yang kurang bisa menimbulkan berbagai penyakit terjangkit di tubuh kita. Tidur yang cukup merupakan peran penting untuk kesehatan tubuh setelah tubuh seharian lelah beraktivitas. Apabila tubuh kekurangan waktu tidur setelah sibuk dengan berbagai kegiatan maka akan menimbulkan efek sampinh yang sangat buruk pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kamu perlu waktu tidur yang cukup selama 7-9 jam setiap malam agar pola hidup sehat berjalan maksimal.

  • Rajin Olahraga

Salah satu peran penting dalam membentuk kesehatan tubuh adalah dengan rajin olahraga yang dapat membentuk tubuh menjadi lebih fit serta membuang racun-racun dalam tubuh melalui keringat yang dikeluarkan. Tidak hanya itu dengan olahraga, tubuh pun menjadi lebih bugar dan dapat membentuk otot yang membuat tubuh menjadi kuat dan tidak mudah lemas serta bisa menghindari  timbulnya penyakit.

  • Hindari Stress

Pikiran berlebih yang menumpuk dalam otak bisa mengganggu keseharian kita menjadi tidak kondusif. Stress yang timbul dapat menyebabkan waktu tidur yang harusnya maksimal menjadi berantakan karena di malam hari cenderung berpikir yang berlebihan. Oleh karena itu, kamu perlu untuk menghindari stress ini dengan melakukan beragam aktivitas menyenangkan yang kamu sukai atau mengatur kembali prioritas apa saja yang perlu kamu utamakan dalam hidup agar pikiran-pikiran yang menumpuk bisa terselesaikan satu per satu.

Stress dapat menimbulkan penyakit yang serius apabila stress sudah melebihi batas atau stress yang berlebih membentuk kesehatan tubuh menjadi buruk. Segera tangani hal ini agar pikiran menjadi jernih dan tubuh kembali sehat.

  • Tinggalkan Kebiasaan Buruk

Meninggalkan kebiasaan yang sudah terbentuk sehari-hari memang sulit termasuk dalam meninggalkan kebiasaan buruk yang sudah terbentuk dalam diri kamu. Namun, untuk mengatur pola hidup menjadi lebih sehat, kamu perlu membuang kebiasaan-kebiasaan buruk yang membuat pola hidup menjadi tidak sehat seperti waktu tidur yang kurang, kebiasaan mengkonsumsi alkohol, ataupun rokok. 

Perlu untuk kamu mengganti kebiasaan buruk itu dengan kebiasaan yang sehat seperti rutin minum jus buah. Dengan proses ini maka perlahan-lahan kebiasaan buruk akan terganti dengan kebiasaan baru yang lebih sehat.

  • Biasakan Hidup Bersih

Tips terakhir yang penting untuk kamu selalu ingat adalah biasakan hidup bersih dengan melakukan hal-hal dasar seperti mencuci tangan sebelum makan karena tangan sering digunakan untuk menyentuh barang-barang yang tentunya menyimpan jutaan bakteri ataupun virus. Oleh karena itu, cuci tanganlah dengan rajin agar saat kamu makan tangan sudah bersih terbebas dari segala bakteri dan virus.

Tips lainnya yang bisa kamu ikuti adalah lakukan aktivitas produktif yang kamu senangi seperti menulis jurnal, membaca buku, ataupun melukis. Dengan melakukan aktivitas yang produktif akan membentuk kebiasaan baru yang baik untuk keseharianmu menjadi lebih sehat.

Demikian beberapa tips mengatur pola hidup menjadi lebih sehat. Ingat sehat itu mahal, kesehatan tubuh berawal dari bagaimana kita menjalani hari-hari kita dengan kegiatan yang sehat.

Temukan beragam tips kesehatan lainnya dalam portal berita dukrefnews.com

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.