Tips Mengoperasikan Laptop Dengan Baik

Tips Mengoprasikan Laptop Dengan Baik
Laptop juga sangat mudah dipelajari, kuncinya asalkan bisa. Nah kali ini kita akan belajar menguasai  cara untuk menggunakan laptop.

Dukref News – Laptop merupakan salah satu perangkat yang paling dapat diandalkan, terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Laptop atau netbook mudah dibawa kemana-mana dan tidak memiliki banyak perangkat (seperti komputer).

Tak heran jika laptop atau netbook masih menjadi primadona semua orang. Laptop juga sangat mudah dipelajari, kuncinya asalkan bisa. Nah kali ini kita akan belajar menguasai  cara untuk menggunakan laptop.

Bagi pemula, menggunakan laptop bukanlah perkara mudah. Ada hal-hal yang harus diperhatikan. Nah berikut ini adalah 4 cara menggunakan laptop dengan mudah dan praktis.

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang tips mengoprasikan laptop dengan baik. Bagi anda yang masih tidak tahu cara untuk mengoperasikan laptop simak artikel ini.

Bagaimana Tips Mengoperasikan Laptop Dengan Baik?

1. Belajar tentang laptop

Sebelum mengoperasikan laptop, ada baiknya kita mempelajari bagaimana sih laptop kita. Untuk informasi ini, Anda dapat membaca buku manual panduan menggunakan laptop. Coba lihat di mana letak tombol power, lubang charger, kelengkapan charger, juga port USB dan CD-room.

Selain itu, mengetahui merek, seri, dan keunggulan laptop akan sangat membantu. Misalnya kita membeli laptop dengan model layar yang bisa ditekuk 360 derajat atau layar berengsel biasa.

Setelah mengenal bagian-bagian laptop, kini saatnya berkenalan lebih jauh. Coba perhatikan area baterai laptop. Sebelum digunakan, pastikan baterai laptop dalam keadaan penuh. Bagaimana cara memastikan baterai laptop penuh?

Caranya, Anda bisa mencoba mencolokkan kabel charger ke laptop (pastikan laptop masih dalam keadaan mati). Biasanya akan ada lampu indikator yang bisa kita lihat. Lampu ini biasanya terdapat di bagian depan di bawah keyboard. Jika lampu indikator masih merah atau orange, berarti belum full. Jika berwarna kuning atau hijau, berarti sudah penuh.

Jika baterai masih tidak disarankan, disarankan untuk mengisi daya terlebih dahulu. Namun jika sudah penuh, kita bisa langsung mencabut kabel chargernya. Selanjutnya, letakkan laptop di atas meja datar. Lapisi bagian bawah laptop dengan sesuatu yang dapat membuat kipas di bagian bawah laptop bekerja dengan baik.

2. Laptop nyaman di tempat nyaman

Ya, di bagian bawah laptop terdapat kipas yang berfungsi untuk mendinginkan mesin. Jika lubangnya tersumbat, komponen akan cepat panas dan menyebabkan laptop hang. Kita bisa menutupi bagian bawah dengan bantalan pendingin.

Permukaan yang berlubang akan sangat berguna untuk pekerjaan pendinginan laptop. Selain itu, cooling pad juga memiliki kipas pendingin yang dapat membantu kinerja pendinginan bawaan laptop kita.

3. Cari Tombol Daya

Selanjutnya, mulailah membuka laptop dengan kemiringan yang tepat. Artinya, laptop biasanya hanya bisa digunakan saat layar diangkat atau dibuka. Sesuaikan kemiringan layar dengan jarak pandang kita. Jangan menarik layar terlalu jauh, karena akan merusak engsel pada layar. Saat ini ada tampilan laptop dengan layar yang bisa ditekuk 360 derajat. Jadi saling mengenal laptop masing-masing.

Setelah Anda memiliki sudut layar yang tepat, cari tombol daya. Tombol ini terletak berbeda pada setiap laptop. Ada di kiri atas keyboard, di kanan atas keyboard, atau di bawah keyboard. Namun, tombol ini biasanya cukup mencolok di lokasinya, jadi jangan panik.

Selanjutnya, tekan tombol. Akan ada lampu indikator lain yang menandakan bahwa laptop akan menyala. Jika lampu menyala, kita hanya perlu menunggu beberapa saat hingga layar juga menyala.

4. Menggunakan Touchpad

Touchpad atau kursor yang ada di laptop ini sangat sensitif. Biasanya terletak di bagian bawah keyboard, rata, cukup besar dan juga panjang. Touchpad ini merupakan pengganti mouse (pada komputer). Cara kerjanya, gunakan jari Anda untuk bergerak ke kanan dan ke kiri di atas touchpad.

Kemudian jika kita akan membuka program tersebut, tinggal arahkan touchpad pada aplikasi yang diinginkan, kemudian klik di sebelah kiri. Coba juga klik kanan untuk opsi lainnya.

Jika Tracpad dianggap merepotkan karena terlalu sensitif, kita bisa menggunakan mouse. Ini akan sangat membantu bagi Anda yang  terbiasa menggunakan komputer sebelumnya. Mouse dapat digunakan dengan laptop melalui lubang di sisi kanan atau kiri laptop.

Itulan beberapa tips untuk mengoperasikan laptop dengan baik agar laptop anda tetap aman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.