Tips Mudah Membuat Cerita Fiksi

Tips Mudah Membuat Cerita Fiksi
Ingin menulis cerita fiksi tapi suka terhenti di tengah jalan. Jangan khawatir, ini tips Mudah Membuat Cerita Fiksi.

Dukref News – Siapa yang di sini tak mengenal cerita fiksi,? rasanya hampir semua orang pasti tahu, karena karangan atau cerita fiksi ini sudah sering kali kita dengar dan temukan.

Contohnya seperti cerita-cerita di wattpad, ataupun novel. Dalam membuat karangan fiksi ini, seorang penulis memang diperbolehkan mengarang sesuai imajinasinya, namun tentunya juga harus dipadu dengan logika yang masuk akal. Nah, tentunya dalam membuat sebuah karangan imajinasi yang masuk dengan logika, bukanlah sebuah perkara yang mudah. Menulisnya membutuhkan waktu dan energi yang banyak, agar cerita yang dihasilkan bisa menarik.

Untuk itu, dalam membuat cerita fiksi ini seorang penulis harus menggunakan strategi, supaya cerita atau karangan fiksi yang dibuat bisa berjalan dengan lancar dan hasilnya sesuai target.

Nah inilah beberapa tips dari Dukref Production yang bisa kamu ikuti ya:

1. Tentukah tokoh, dan tujuannya

Dalam membuat cerita fiksi, seorang penulis wajib menentukan siapa saja yang akan menjadi tokoh-tokoh dalam ceritanya, seperti apa sifatnya, dan apa yang ingin dicapainya. Dengan karakter tokoh yang jelas dan memahami apa yang ingin dicapai oleh tokoh tersebut, tentu akan memudahkan penulis untuk menyusun alur cerita.

2. Susunlah plot dengan rinci

Dalam karangan atau cerita fiksi, plot merupakan salah satu hal yang penting. Plot sendiri adalah rangkaian cerita dari awal hingga akhir cerita, sehingga penting bagi penulis untuk menyusun terlebih dahulu kerangka plot. Dengan melakukan hal ini, tentu akan memudahkan sang penulis, dalam membuat proses rangkaian cerita.

Baca Juga: 7 Tips Menerbitkan Buku Tanpa Ditolak

3. Tetapkan unsur-unsur cerita

Salah satu kekurangan yang sering ditemukan dalam membuat cerita fiksi adalah, lemahnya unsur-unsur pendukung cerita, sehingga proses pembuatan cerita jadi sering kali terhambat. Untuk itu, dalam proses pembuatannya, seorang penulis wajib menentukan dan menggali lebih dalam terkait unsur cerita, seperti tema, penokohan, plot, sudut pandang, latar, hingga konfik yang ingin diangkat dalam cerita.

4. Rajinlah membaca

Dalam membuat sebuah karya, tentunya seorang penulis membutuhkan inspirasi. Dan salah satu cara untuk mendapatkan inspirasi adalah dengan membaca buku. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada kemampuan sang penulis dalam merangkai kata dan kalimat. Jadi teruntuk kamu yang memiliki keinginan untuk membuat karya cerita fiksi, tentukanlah genre yang ingin kamu angkat, kemudian carilah cerita atau karya fiksi lainnya yang sesuai dengan genremu. Dengan begitu, kemampuanmu dalam merangkai kata dan mengembangkan isi cerita akan lebih meningkat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.