Tips Untuk Kamu Bercita-Cita Jadi MC Profesional

tips jadi mc profesional
Bagi kamu yang punya cita cita jadi MC, kamu bisa pelajari hal seperti skill cepat tanggap hingga improvisasi. Ikuti tips jadi mc profesional

Dukref News – Menjadi seorang Master of Ceremony mungkin terlihat mudah, namun tahukah kamu bahwa apa yang terlihat mudah itu, ternyata kenyataannya tak seperti itu, karena menjadi seorang MC yang handal itu membutuhkan pengetahuan dan keterampilan, dan tentunya tak semua orang mampu jika tak dibarengi dengan latihan yang tekun.

Menjadi seorang MC berarti harus mau banyak belajar. Menjadi seorang MC berarti harus mau mempersiapkan banyak hal, karena kesuksesan suatu acara juga bergantung pada pembawa acara atau MC nya. Jika MC nya tidak percaya diri atau gagap saat berbicara tentu hal tersebut akan merusak suasana acara. Dan jika hal itu terjadi, bersiaplah nama acara dan MC jadi di pandang buruk, dan kecil kemungkinan untuk jasanya dipakai kembali di acara yang berbeda. Untuk menghindari hal tersebut, tentu kamu perlu berlatih dan mengasah beberapa hal. Lalu apa aja ya tips-tip untuk menjadi seorang MC yang handal,? yuk simak penjelasan dibawah ini

1. Pandai mengolah kalimat

Bagi kalian yang tertarik untuk menjadi MC, wajib banget berlatih cara mengolah kalimat atau bahasa dengan baik dan juga benar. Sebagai seorang MC,tentu di tuntut untuk memahami banyak bahasa. Oleh karena itu, sebelum memutuskan menerima suatu job, lebih baik lakukan riset kecil-kecilan terkait job yang akan dikerjakan, dan juga bahasa seperti apa yang akan digunakan saat acara berlangsung. Hal ini perlu dipelajari oleh seorang MC demi keberhasilan suatu acara berlangsung.

2. Skill cepat tanggap dan paham

Untuk menjadi seorang MC yang handal, tentu tak bisa langsung menerima job begitu saja, datang, lalu jalankan acaranya. Karena sebagai MC, juga dituntut untuk memahami setiap detail yang ada pada acara tersebut, baik itu terkait dengan rundown acaranya, siapa para tamunya, dan lain-lainnya. Untuk itu, sebelum acara dimulai, seorang MC wajib untuk briefing terlebih dahulu bersama tim dan panitia lainnya, agar mengerti setiap alur yang ada ya.

3. Pandai berimprovisasi

Dalam berlangsungnya sebuah acara, kadang kala ada momen yang membosankan dan monoton yang membuat para tamu jadi mengantuk. Nah saat seperti ini, seorang MC harus pandai berimprovisasi dan juga kreatif agar bisa membuat suasana sekitar bisa kembali menyenangkan. Pada kondisi seperti ini juga seorang MC harus pandai memancing dan juga cepat tanggap untuk mengantisipasi kondisi yang monoton saat acara sedang berlangsung.

4. Pandai menjaga sikap

Menjadi seorang MC memang harus ceria dan heboh, namun yang tetap harus digarisbawahi adalah sopan santun dan attitude ya. Menjadi MC harus pandai menjaga sikap, lisan, dan tingkah laku. Karena MC akan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang, itu itu menjaga sikap sangatlah penting ya. Apapun yang dilakukan seorang MC dalam sebuah acara tentu akan menjadi perhatian bagi para tamu yang ada, jadi jika attitude seorang MC buruk, maka dapat di pastikan namanya akan dicap jelek oleh banyak orang.

5. Paham teknis microphone

Dalam sebuah acar, pasti kamu pernah melihat ada kejadian microphone tiba-tiba mati. Hal seperti itu terbilangg fatal loh, apalagi jika terjadi dalam sebuah acara yang besar, tentu sangatlah memalukan. Nah untuk itu, untuk menjadi MC yang handal kamu juga perlu memahami teknis microphone. MC harus paham betul bagaimana cara memegang mic yang baik, setelan suara mic, dan juga jarak antara mic dengan mulut. Untuk itu, sebelum acara dimulai, pastikan kamu test terlebih dahulu ya apakah mic yang digunakan dalam kondisi aman atau tidak.

Nah itulah beberapa tips simpel yang perlu kamu pahami untuk menjadi seorang MC yang handal dan juga profesional. Buat kamu yang saat ini bercita-bercita ingin menjadi MC yang terkenal, pelajarilah hal-hal kecil mulai dari sekarang ya. Hal yang harus kamu tanamkan dalam pikiranmu bahwa MC adalah kunci atau penentu keberhasilan sebuah acara. Nah untuk membuat acara yang dipandu berhasil tentu kamu harus mengausai semua elemen-elemen tadi. Teruslah berlatih, dan jangan pernah ragu untuk memulai dari sesuatu yang kecil ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.