Manfaat Gadget Dalam Dunia Pendidikan

Manfaat Gadget Dalam Dunia Pendidikan
Manfaat Gadget Dalam Dunia Pendidikan - Hampir semua manusia di muka bumi ini sudah tidak asing lagi dengan gadget.

Dukref News – Manfaat Gadget Dalam Dunia Pendidikan – Hampir semua manusia di muka bumi ini sudah tidak asing lagi dengan gadget. Tanpa pandang bulu, baik itu anak-anak, remaja, bahkan orang tua, memiliki gadget. Anak-anak lebih sering bermain di rumah daripada bermain di luar dengan teman sebayanya. 

Orang tua yang tidak memahami dampak yang dialami anaknya, bahkan orang tua suka anaknya di rumah bermain dengan temannya. Banyak orang tua yang sering mengejarnya hanya karena sibuk bermain gadget.

Read More

Bagaimana Manfaat Gadget Dalam Dunia Pendidikan?

Mulai dari urusan pekerjaan, bahkan update status sepele, hanya ingin mengecek media sosial agar tetap eksis. Tanpa disadari, kebiasaan ini justru memberikan dampak yang sangat buruk bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Bahkan, anak-anak pun pada akhirnya akan melihat apa yang dilakukan orang tuanya dan menjadi lekat dengan gadget. Karena pada dasarnya tidak mungkin seorang anak bisa kecanduan Screen Time jika orang tua bijak dalam menggunakan gadget.

Ada dua faktor penyebab anak kecanduan berlama-lama di depan gadget. Pertama, karena orang tua tidak sadar akan perhatian anaknya karena sibuk dengan dunia layar elektroniknya, dan kedua, orang tua kurang berbahaya saat terpapar layar elektronik, jelas Elizaberth Santosa, psikolog anak yang hadir pada acara diskusi buku tersebut. “Waktu Layar” di Jakarta.

Namun, semua kembali pada kebijakan orang tua masing-masing. Dengan lebih memperhatikan anak dan gadget tentunya bermanfaat agar anak tidak kecanduan gadget, ujar Elizaberth.

Tak jarang Gadget membuat orang malas untuk beraktivitas di luar rumah. Anak yang asik bermain gadget cenderung berdampak pada rapor. Sebab, mereka lebih sering melihat gadget daripada buku pelajaran. Kemudian remaja, saat ini remaja di mana-mana sibuk mengobrol dan selfie di kelas. Apapun aktivitasnya malah diupload. Namun, ada juga gadget yang positif, tetapi jika pengguna menggunakannya dengan benar.

Berbicara tentang perubahan, perubahan merupakan sesuatu yang unik karena perubahan yang terjadi dalam berbagai kehidupan berbeda dan tidak dapat disamakan, meskipun memiliki beberapa kesamaan dalam prosesnya. Menurut Brian Clegg, perubahan adalah kekuatan yang sangat kuat, yang dapat memotivasi atau mendemotivasi.

Perubahan merupakan suatu keniscayaan yang menyertai kehidupan, dapat terjadi dimana saja, dan kapan saja. Saya kembali membahas tentang perubahan yang dibawa oleh Gadgets. Mengenai pendidikan, jauh sebelum adanya Gadget, orang-orang dalam memperoleh pengetahuan sulit, apalagi jika harus mencari buku-buku yang berkaitan dengan materi atau pokok bahasan yang sedang dibahas, sangat jarang ditemukan.

Namun dengan adanya gadget, semuanya menjadi mudah, apapun yang anda cari melalui sebuah gadget dapat anda temukan solusinya dengan cepat. Pada abad 21, gadget telah menjadi sumber belajar bagi para pelajar khususnya bagi mahasiswa, dengan adanya gadget, para pelajar tidak perlu bekerja keras untuk mencari referensi yang cukup dengan jari-jari mereka, semua yang mereka cari mudah didapatkan. Hampir segala sesuatu tentang segala sesuatu sudah tersedia di Gadget.

Gadget merupakan inovasi teknologi terkini dengan kemampuan yang terarah dan fitur-fitur terkini yang memiliki atau fungsi yang lebih praktis dan lebih bermanfaat. Seiring dengan perkembangan pengertian gadget, berkembang pula yang sering menganggap smartphone sebagai gadget dan juga teknologi komputer atau laptop telah meluncurkan produk-produk baru yang juga dianggap sebagai gadget.

Fungsi dari gadget adalah untuk mengubah sesuatu menjadi sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia. Gadget yang selalu digunakan oleh siswa dapat mempengaruhi prestasi siswa. Hal ini dapat terjadi jika siswa tidak dapat menghindari gadget. Oleh karena itu, siswa mengambil tindakan untuk menghindari gadget. Penggunaan gadget secara terus menerus tidak hanya berdampak positif bagi siswa, tetapi juga dapat berdampak negatif.

Berbagai dampak positif tersebut antara lain kemudahan komunikasi, peningkatan pengetahuan tentang perkembangan teknologi, perluasan jaringan pertemanan. Selain itu, dampak negatifnya adalah meskipun memberikan banyak manfaat bagi pengguna, namun jika tidak bijak dalam penggunaannya, gadget dapat menimbulkan kerugian.

Manfaat gadget bagi pelajar adalah mereka dapat mempermudah komunikasi, menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi, dan dapat mempermudah dalam mencari hiburan. Manfaat gadget dalam bidang pendidikan dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam mengakses ilmu pengetahuan.

Tentunya hal ini dapat menunjang dunia pendidikan. Siswa kini memiliki akses ke berbagai sumber mulai dari diagram, artikel, esai, dan informasi akademik lainnya yang dapat meningkatkan prestasi siswa di kelas. Dengan demikian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.